Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

MEMANDANG KABAH TERNYATA MENDATANGKAN PAHALA

1 min read

MEMANDANG KABAH TERNYATA MENDATANGKAN PAHALA

Sebelum impian mengunjungi Tanah Suci terwujud, selama ini mungkin kamu hanya bisa memandangi kabah melalui poster atau gambarnya yang terpajang di ruang tamu atau ruang keluarga. Gambar kabah sengaja di pasang di sana sebagai obat sementara kerinduan pada tanah suci. Tentu saat kamu memiliki kesempatan mengunjungi tanah suci, baik melalui umroh maupun haji kamu tak akan menyia-nyiakannya. Memandangi kabah sepuasnya menjadi salah satu hal yang lumrah. Bukan hanya kamu, setiap orang pun akan begitu. Nah, ternyata memandang kabah akan mendatangkan pahala yang besar lho.

 

Ya, kalau niat kamu cuma untuk menuntaskan kerinduan terhadap Tanah Suci, maka apa yang kamu lakukan itu ternyata justru bisa mendatangkan pahala. Memandang kabah adalah salah satu perintah Allah SWT. Ayat yang mengandung perintah ini yaitu berbunyi, “Maka hadapkan wajahmu ke arah Masjidil Haram yaitu Kabah”. Mungkin maksud dalam ayat ini adalah sholat, tapi dzohir ayat ini adalah perintah untuk kita memandangi kabah. Dzohir adalah makna yang tertulis atau yang tersurat. Secara tersurat, ayat tersebut menyebutkan perintah untuk memandang kabah kan?

 

Selain dalam ayat itu, keutamaan memandang kabah juga disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Jafar bin Muhammad, berbunyi “Memandang kabah merupakan ibadah”. Selanjutnya Ibnu Mujahid mengomentari pernyataan itu dengan mengatakan “ Memandang kepada kabah karena keimanan dan keyakinan maka akan dihapus segala dosanya bagaikan seorang yang dilahirkan baru”.

 

Hadis lain yaitu yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA mengatakan “memandang kepada kabah akan menambah keimanan. Nggak nyangka kan kalau hal yang membuat kita senang malah bisa mendatangkan berbagai manfaat dan pahala? Manfaatnya untuk menambah keimanan dan mengagumi ciptaan Allah SWT. Merenungi bagaimana Maha Besarnya Allah SWT yang telah menciptakan kabah sebagai tempat berkumpulnya umat islam dari seluruh dunia. Saat memandang kabah, di hadapan kita akan kita temukan semua orang juga sedang menghadap arah yang sama. Tentu ketakjuban akan kita rasakan.

 

Jadi, saat kamu mendapatkan kesempatan umroh atau haji nanti, jangan sampai membuang-buang waktu untuk memandangi yang nggak perlu. Terutama saat kamu bisa berangkat umroh tepat di bulan Ramadhan. Saat umroh, daripada menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak perlu lebih baik kita memandang kabah. Mendapatkan kenikmatan dengan memuaskan diri memandangi tanah impian, juga mendapatkan pahala. Hikmah lainnya saat memandangi kabah di bulan Ramadhan yaitu dapat membantu kita untuk menahan hawa nafsu dari berbagai hal di sekitar. Itulah kenapa memandangi kabah sangat dianjurkan saat seseorang umroh di bulan Ramadhan.

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *