MEDHAS AL RASHIDI, PEMECAH REKOR HAJI TERBANYAK

1 min read

MEDHAS AL RASHIDI, PEMECAH REKOR HAJI TERBANYAK

Berulang kali keinginan seseorang berangkat Haji di Indonesia saat ini kelihatan agak sudah dan mungkin berat sebab setelah diberlakukan pembatasan kuoata Haji oleh kerajaan Saudi, membuat antrian jamaah Haji semakin panjang saja. Padahal banyak juga sebagian umat Islam yang ada di Indonesia yang ingin setiap tahun melaksanakan ibadah Haji.

 

Lain cerita dengan di Arab Saudi, ada seorang muslim yang mencapai rekor tertinggi dalam melaksanakan ibadah Haji walaupun usianya sudah 124 tahun. Ia adalah Medhas Al Rashidi. Dengan usia yang sudah termasuk uzur tersebut, Medhas Al-Rashidi tetap semangat menjalankan ibadah haji. Al-Rashidi bisa jadi memegang rekor tertinggi ibadah haji, karena tahun ini merupakan ibadah hajinya yang ke-95. Bagi laki-laki asal Arab Saudi ini, semangatnya untuk terus melaksanakan ibadah Haji setiap tahun disebabkan ibadah Haji membuat pikirannya selalu tenang dan damai.

 

Usia yang telah mencapai 124 tahun ini merupakan usia yang sangat luar biasa, karena jarang di zaman ini umat nabi Muhammad yang usianya mencapai lebih dari 100 tahun. Barangkali karena ketaqwaan dan perbuatan baik bisa membuat Medhas Al Rashidi panjang umur. Rencananya Al rashidi akan dimasukkan ke dalam catatan Guiness Wolrd Record. Ia berhaji hampir setiap tahun bersama sejumlah ulama dan da’i terkemuka di dunia. Bahkan ia pernah berhaji bersama Mufti Kerajaan Arab Saudi.  Pengalaman berhaji nya juga pernah mengantarkan dirinya melaksankan ibadah Haji bersama Raja Abdul-Aziz, pendiri Kerajaan Arab Saudi, sebelum penaklukan Riyadh. Satu hal yang menarik dari diri Al rashidi ini adalah niat dalam melaksanakan ibadah Haji ini sangat mulia yaitu melakukannya dengan harapan mendapatkan pahala dan meninggal dunia dengan tenang dan damai.

 

Al Rashidi dalam hidupnya pernah menikah sebanyak tiga kali dan memiliki tujuh anak dan beberapa cucu, dia banyak menceritakan perbedaan ibadah haji zaman dulu dengan zaman sekarang. Di zaman dahulu ternyata fasilitas bagi jamaah Haji sangat sangat minim dan terasa sangat berat, berbeda dengan saat ini dimana jamaah Haji terasa sangat dimanjakan oleh banyak kemudahan mulai dari transportasi sampai akomodasi dan konsumsi. Hal ini memang menunjukkan bagaimana pihak kerajaan Arab Saudi berusaha melakukan upaya terbaiknya untuk memberikan fasilitas berhaji bagi semua umat Islam di dunia.

 

Inilah kisah Medhas Al Rashidi yang sangat taat kepada Allah dan berusaha menunaikan ibadah Haji selagi diberikan kenikmatan umur dan kesempatan hidup. Apakah Anda sudah terinspirasi?

2
dennistutuko