Salsabila A a wanderer and a writer

MAU UMROH TAPI LAGI HAMIL? IKUTI TIPS INI

1 min read

MAU UMROH TAPI LAGI HAMIL? IKUTI TIPS INI

Siapa yang bilang jika wanita hamil ngga boleh melakukan ibadah di tanah suci? Haji dan Umroh dapat dilakukan oleh siapa aja, termasuk wanita yang tengah hamil. Namun semua tidak dilakukan tanpa persiapan. Perlu beberapa kiat ekstra untuk membuat ibadah tetap berjalan dengan lancar, dan kehamilan tetap terjaga dengan baik. Berikut ini adalah kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk memperlancar ibadah bagi wanita hamil selama di tanah suci:

 

Konsultasi 

Lakukan konsultasi secara rutin dengan dokter ahli atau dokter kandungan. Tidak semua perjalanan wanita hamil diperbolehkan oleh dokter. Perjalanan yang jauh dan tentunya akan berpengaruh pada kondisi janin. Apalagi melakukan rukun haji atau umroh memerlukan beberapa tahapan yang penting untuk dilakukan. Biasanya janin akan diperiksa terlebih dahulu, apabila selama beberapa hari kondisi ibu dan janin stabil, maka perjalanan boleh dilanjutkan.

 

Atur Pola Makan

Selalu konsumsi makanan yang sehat dan vitamin. Niat ibadah memang penting, tapi kesehatan ibu dan jabang bayu juga sama pentingnya. Nah, berhubung umroh itu bukan ibadah yang gampang karena banyak rukun yang harus dilaksanakan dan perjalanan kesana kemari yang kadang bikin kaki kesemutan, jadi ibu harus bisa jaga daya tahan tubuh salah satunya adalah dengan mengatur pola makan. Berkaitan dengan poin pertama, jangan lupa konsultasikan juga sama dokter tentang jenis vitamin yang bisa kamu konsumsi yang aman buat debay dan mamanya juga. 

 

Selektif Memilih Biro Perjalanan

Biro perjalanan yang tepat memberikan maskapai, penginapan, dan tentunya pelayanan yang terbaik untuk wanita hamil, apalagi jika berkaitan dengan perjalanan udara yang tidak sebentar. Pilih maskapai penerbangan yang dapat memberikan kenyamanan dan memberikan kursi prioritas kepada wanita yang hamil. Pastikan bahwa tempat duduk nyaman untuk perjalanan jauh, tubuh tetap rileks, untuk menghindari kram pada bagian perut ataupun kaki yang bengkak berlebih. Selain itu, hotel yang dekat dengan tempat ibadah sangat memudahkan wanita hamil. Jama’ah dapat menanyakan lokasi hotel kepada biro sebelum mendaftarkan diri untuk haji atau umroh agar semuanya sesuai dengan kebutuhan.

 

Persiapkan Diri dengan Perbedaan Iklim

Terakhir, yang juga ngga kalah penting, siapkan fisik menghadapi perbedaan cuaca. Cuaca dan iklim yang berbeda akan berpengaruh pada kondisi cairan tubuh. Sebagai wanita hamil, selalu bawa cairan dan minum secara teratur agar ibadah terus berjalan dengan lancar. Selain itu, jangan lupa cari tahu dulu ketika kamu umroh itu di Tanah Suci lagi musim panas atau dingin, biar bisa menyesuaikan dengan pakaian yang akan dibawa, juga persiapan tubuh supaya tetap fit selama beribadah di Baitullah. 

 

 

Oleh: Maulida Larasati

Editor: Salsabila Ainurrohman

 

 

image: https://www.babycentre.co.uk

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *