Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

MANFAAT KURMA MUDA YANG HARUS KAMU TAHU

1 min read

MANFAAT KURMA MUDA YANG HARUS KAMU TAHU

Buah kurma yang identik sebagai oleh-oleh umroh atau haji ternyata ngga hanya enak rasanya tapi juga banyak khasiatnya. Di dalam kurma terkandung zat gizi yang konon bisa mencegah gangguan jantung dan aneka penyakit lain. Bahkan, buah kurma yang belum matang alias masih muda, disebut-sebut bisa menyuburkan kandungan. Wow, manfaat kurma muda ini beneran apa cuma hoax, ya?

 

Rasa dari kurma muda sendiri akan berbeda dengan kurma masak. Rasanya manis dan sedikit getir. Tekstur buahnya mirip-mirip daging buah kelapa. Warna kurma muda yang biasa dikonsumsi wanita adalah kuning dan yang untuk dikonsumsi pria adalah merah. Di dalam buah kurma ini juga ada zat tertentu yang bisa menimbulkan kontraksi otot serta menurunkan tekanan darah. Saking besarnya zat gizi dalam kurma ini, akan lebih baik jika kurma dikonsumsi tiap saat sepanjang tahun.

 

Manfaat kurma ini juga diriwayatkan Nasa’i dan Ibu Majah dari hadtis Hisyam bin Urwah. Aisyah berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda untuk makan kurma muda serta kurma masak. Jika setan melihat keturunan Adam makan kurma muda serta kurma masak, setan akan mengatakan bahwa keturunan Adam tersebut bisa bertahan dalam kebaikan. Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda untuk makan kurma muda dan juga kurma masak karena akan membuat setan sedih saat melihatnya dan berkata bahwa keturunan Adam ini akan tetap hidup.

 

Trus, gimana sebenarnya manfaat kurma muda ini kalau ditilik dari segi medis? Ahli medis Muslim mengungkap bahwa Rasulullah memerintahkan kaumnya untuk makan kurma muda serta kurma masak secara bersama-sama. Kurma muda memiliki tekstur dingin dan kering, sementara kurma masak cenderung lembab serta panas. Jadi, ketika dimakan bersamaan, keduanya akan saling menetralkan efek satu sama lain. Sementara kurma hijau dan kurma yang sudah masak dua-duanya panas, walau kurma masak tentu lebih panas. Ahli medis menyarankan untuk ngga makan dua jenis makanan yang sama-sama memiliki unsur dingin maupun panas.

 

Manfaat kurma muda yang dingin serta kering terutama bagus banget buat kesehatan gusi, mulut dan perut. Tapi, kurma yang teksturnya kasar ini kurang baik buat paru-paru dan dada. Kurma termasuk buah yang sulit dicerna, jadi buat sebagian orang mungkin akan kurang cocok mengonsumsi kurma. Alternatifnya adalah mengonsumsi anggur muda. Asal bukan daun muda. 

8
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *