Desi Wulandari Buruh teks serabutan

MAKANAN KHAS MADINAH YANG WAJIB KAMU COBA

1 min read

MAKANAN KHAS MADINAH YANG WAJIB KAMU COBA

Kalau ditanya oleh-oleh khas dari Madinah, sebagian besar orang pasti akan menjawab kurma. Begitu juga ketika ditanya apa makanan khas dari Madinah. Padahal ada banyak lagi makanan selain kurma yang jadi ciri khas kota tersebut. Berikut ini ada beberapa makanan khas yang wajib dicoba ketika kamu sedang berkunjung ke Madinah:

 

Tamis

 

Makanan berupa roti ini memiliki diameter sekitar 40 cm dengan bentuk hampir sama seperti roti pita, tapi dengan bentuk lebih lebar. Adonan Tamis dibuat dari tepung gandum dan diolah dengan cara dibakar di dalam tungku tanah yang membuatnya jadi salah satu makanan khas Madinah. Rasanya pun bervariasi, mulai dari gurih, manis dengan taburan gula dan wijen (biasa disebut biskot), sampai rasa keju.

 

Tamis ini biasanya dinikmati bersama krim keju, madu, atau dicocol ke bumbu bernama Ful, yang terbuat dari campuran kacang merah yang dihaluskan, sejenis jinten bernama kamon, acar tomat, dan minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan bawang bombay, cabai hijau, serta perasan jeruk nipis ke dalam campuran Ful. Harganya pun cukup murah, sekitar setengah Rial untuk Tamis rasa gurih ukuran sedang. Sedangkan Tamis rasa lain dijual dengan harga sekitar 2 Rial. Kalau penasaran dengan rasanya, kamu bisa membelinya di kios-kios yang banyak berdiri di pelataran Masjid Nabawi.

 

Roti Paratha

 

Pernah makan Canai atau Roti Maryam? Nah, Roti Paratha punya bentuk dan bahan dasar yang sama dengan roti pipih tersebut. Roti ini dibuat dari tepung terigu, air, telur, serta mentega dan dimasak dengan cara dipanggang sampai berwarna kecokelatan. Cara menghidangkan Roti Paratha juga ngga jauh berbeda dengan Canai atau Roti Maryam. Bisa dinikmati dengan rasa gurih kuah kari yang dimasak bersama daging ayam, sapi atau kambing, Roti Paratha juga cocok dengan rasa manis ketika dimakan bersama susu kental manis, saus caramel, atau madu.

 

Di Arab Saudi, Roti Paratha dijual dengan harga berkisar 2 Rial dan kamu akan mendapat 2 lembar roti serta pendampingnya yaitu kari. Sedangkan untuk yang kemasan beku bisa dibeli dengan harga yang lebih murah. yaitu seharga 5 Rial untuk beberapa lembar Roti Paratha. Ngga perlu terbang ke Madinah dulu kalau kamu mau mencoba makanan khas Madinah ini karena beberapa toko di Indonesia sudah menjualnya.

 

Selain dua makanan tadi, pastinya masih banyak banget makanan lain yang wajib buat kamu coba pas lagi di Tanah Suci. Ada apa lagi sih emangnya? Cekidot aja langsung ke Madinah. Kalau udah di sana, jangan makan makanan indo melulu dong, kali-kali nyoba yang khas sana biar afdol. 

 

2
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *