Salsabila A a wanderer and a writer

MACAM-MACAM JENIS KURMA DAN KHASIATNYA

1 min read

MACAM-MACAM JENIS KURMA DAN KHASIATNYA

Kalau ditanya, makanan apa yang jadi ciri khas oleh-oleh dari tanah suci? Sudah pasti jawabannya kurma. Tumbuhan yang hanya bisa hidup di lingkungan padang pasir dan cuaca panas ini ngga pernah ketinggalan buat dijadikan buah tangan dari orang-orang yang baru saja menunaikan ibadah haji atau umroh. Meski kelihatannya semua kurma sama, ada macam-macam jenis kurma dan pasti punya khasiatnya masing-masing. Sebut saja kurma Ajwa yang paling terkenal. Bahkan disebutkan dalam sebuah hadis, kurma Ajwa punya khasiat menghindari diri dari sihir dan racun. Wallahu'alam.

 

Ada lagi kurma muda yang punya khasiat khusus untuk pasangan suami istri. Kurma muda ini bisa mengatasi kemandulan bagi suami ataupun istri, menyuburkan dan menguatkan kandungan, mengentalkan dan menambah jumlah sperma laki-laki, dan menambah hormone laki-laki. Manfaat lainnya tentu menambah keharmonisan rumah tangga pasangan suami istri berkat khasiatnya itu. Ada macam-macam jenis kurma, berbeda pula kandungan gizinya. Kurma muda punya kandungan hormon Bitosin yang berperan membantu gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim, sehingga mencegah terjadinya pendarahan rahim. Selain itu, ada hormon yang dihasilkan neurohipofisa, yang berfungsi merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama berhubungan intim dan membantu proses kelahiran.

 

Kalau ingin memborong kurma berkualitas dengan harga murah, datang saja ke Madinah. Selisih harganya lumayan jauh dengan kurma yang dijuual di Mekah atau Jeddah. Madinah sebenarnya punya tiga jenis kurma yang terkenal, yaitu kurma Ajwa, kurma Ambhar, dan kurma Safawi. Juaranya, si kurma Ajwa ini berkulit agak keriput, berwarna kehitaman, dan rasanya lebih manis dan enak dibanding kurma lain. Harganya juga sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar 60 sampai 80 Rial Saudi per kilonya.

 

Sedangkan kurma Ambhar dijual seharga 30 sampai 40 Rial Saudi per kilo. Kamu bisa mencicipi macam-macam jenis kurma sebelum membeli, kecuali kurma Ajwa dengan alasan harga jualnya. Kalau mau membeli kurma Ajwa, kamu bisa datang ke pasar kurma yang khusus dibangun oleh kerajaan Arab Saudi untuk jemaah asal Indonesia. Letaknya ada di sebelah Selatan Masjid Nabawi. Makanya, hampir semua penjual sudah fasih berbahasa Indonesia meski sebatas komunikasi jual beli. Jadi, kamu ngga perlu khawatir terkait kendala bahasa.

 

 

Oleh: Desi Wulandari

 

 

image: http://simplediscoveries.com/photography/dubai/

4
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *