Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

LUAR BIASA, TERNYATA INI KANDUNGAN DALAM KALIMAT TALBIYAH

1 min read

LUAR BIASA, TERNYATA INI KANDUNGAN DALAM KALIMAT TALBIYAH

Siapa yang nggak bergetar hatinya saat mendengar kalimat Talbiyah dari orang yang menggunakan pakaian ihrom. Gemuruh Talbiyah ini dikumandangkan dalam balutan pakaian serba putih yang pastinya akan sangat menyejukkan hati. Iramanya indah, seakan jadi perlambang ungkapan hati yang sudah lama terpendam pada Sang Pencipta. Talbiyah sendiri ialah lambang tauhid serta pengesaan pada Allah subhanahu wa ta’ala Talbiyah juga memiliki peran sebagai pemersatu akidah sekaligus pemikiran umat Islam. Melalui Talbiyah, seseorang akan berusaha dalam menunjukkan hakikat keberadaannya, baik di dunia maupun akhirat. Lalu, apa aja sih sebenarnya kandungan dalam kalimat Talbiyah ini?

 

Ungkapan Talbiyah ialah lambang keikhlasan seorang hamba pada Allah. Kita sebagai hamba akan memenuhi panggilan Allah melalui seruan yang sebelumnya telah dikumandangkan Nabi Ibrahim kala menerima wahyu dari Allah. Labbaik, kupenuhi panggilan-Mu dengan kecintaan sejati serta ketulusan demi ridho-Mu.

 

Dalam kalimat Talbiyah terkandung ikrar tauhid yang berperan sebagai penghubung seluruh amal baik serta pahala akhirat yang sangat besar, di mana pahala ini nggak ada tandingannya apapun di dunia. Ikrar tauhid ini sekaligus bisa membentuk umat Islam supaya memiliki akhlak baik, ikhlas dalam beramal dan senantiasa amanah dalam menjaga kepercayaan.

 

Kandungan dalam kalimat Talbiyah yaitu ikrar tauhid juga akan membuat kita sadar akan petunjuk Allah dan rasul-Nya ialah sebaik-baiknya petunjuk dalam menjalani kehidupan. Hanya petunjuk Allah saja yang akan bisa mengantarkan kita dalam kebahagiaan serta keselamatan, baik di dunia maupun akhirat. Petunjuk ini juga yang kelak akan mengantar kita pada ketenangan hati dan ketentraman jiwa di tengah segala masalah kehidupan.

 

Orang yang sedang berhaji bakal meninggikan suara tiap melantunkan kalimat Talbiyah, baik saat menuju Masjidil Haram atau saat sai, tapi nggak ada tuh yang merasa terganggu akibat kerasnya suara itu. Beda ceritanya kalau kita masih di Indonesia kemudian mengucapkan talbiyah keras-keras di jalanan, wah pasti ditimpuk karena dianggap mengganggu! Ini fenomena yang ditemukan dan lebih jarang lagi direnungkan oleh kita semua.

 

Lebih jauh lagi, Talbiyah merupakan syiar haji serta umroh. Lantunan kalimat ini sangat utama untuk dilantunkan jamaah haji maupun umroh, laki-laki ataupun perempuan, karena inti kandungan dalam kalimat Talbiyah ialah memenuhi panggilan Allah. Kalimat Talbiyah sekaligus jadi sumpah setia kita untuk selalu menjalani petunjuk serta menjauhi larangan dalam Al Quran maupun hadist dengan segenap jiwa, raga dan harta.

4
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *