Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

LANGKAH-LANGKAH MENUNGGU ANTRIAN HAJI

1 min read

LANGKAH-LANGKAH MENUNGGU ANTRIAN HAJI

Rampung mengurus administrasi keberangkatan haji bukan berarti kita sudah bisa leha-leha. Prosesnya belum selesai, bosqu. Kita masih harus bersabar menunggu pemberangkatan haji yang masih baru dilakukan beberapa tahun lagi. Bahkan, konon saat ini antrian haji sudah mencapai 20 tahun! Duh, gimana nih? Apalagi umur kan ngga ada yang tau, ya? Untuk itu, sebaiknya kita tahu langkah-langkah yang dilakukan dalam menunggu antrian haji sebagai berikut.

 

1. Ketahui Nomor Porsi Haji

 

Kita harus tahu nomor porsi haji agar paham betul kapan tahun keberangkatan ke Tanah Suci. Informasi ini teramat penting, tapi nyatanya ngga sedikit calon jamaah haji yang ngga tahu. Daftar tunggu haji yang mencapai belasan tahun nyaris di semua daerah membuat semua jamaah sangat dianjurkan untuk segera mendaftarkan diri maupun keluarganya yang berniat ibadah ke Baitullah. Bahkan tren sekarang adalah mendaftarkan anak-anak yang masih berusia balita agar bisa berangkat di usia pertengahan 20an. Tujuannya adalah agar ngga keburu jadi lansia sebelum sempat menginjakkan kaki di Rumah Allah.

 

Nomor porsi jamaah haji bisa diartikan sebagai nomor antrian atau nomor pendaftaran. Jamaah akan memperoleh nomor ini setelah melunasi setoran awal di bank tertentu. Nomor ini sendiri diterbitkan Kemenag dan ngga bisa dialihkan untuk orang lain, apapun alasannya. Ingat kalau nomor antrian yang terdiri dari 10 digit angka ini beda dengan nomor Surat Pendaftaran Pergi haji (SPPH). Kalau itu sih, dapetnya di Kemenag tingkat kabupaten/kota pas pertama daftar.

 

2. Cek Nomor Porsi Haji Online

 

Nomor porsi haji yang sudah kita dapat, harus diapain nih? Ngga mungkin dianggurin gitu aja dong selama proses menunggu antrian haji? Tentu saja engga, karena nomor ini bisa dicek secara online. Kalau kita sudah tahu estimasi keberangkatan, persiapan pelunasan pembayaran akan lebih mudah dilakukan. Calon jamaah haji bisa fokus memikirkan manasik, ilmu berhaji dan aneka persiapan lain. Pengecekan online bisa dilakukan di situs resmi Departemen Agama bidang haji. Laman website juga akan mencakup tahun keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi haji tersebut.

 

3. Kenali Kondisi Tertentu Yang Menunda Keberangkatan Haji

 

Daftar tunggu haji yang panjangnya ngalah-ngalahin kemacetan ibukota itu emang jadi ujian sabar tersendiri. Belasan tahun berada di daftar tunggu ini bukan tanpa sebab, tapi karena memang ada beberapa penyebabnya. Faktor utama lamanya menunggu antrian haji tentu saja karena kuota yang sudah terisi penuh sampai bertahun-tahun mendatang. Jadi, jangan buru-buru misuh-misuh kalau kamu daftar haji tahun 2018 tapi baru bisa berangkat tahun 2038, ya!

6
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *