Salsabila A a wanderer and a writer

KISAH PASANGAN LANSIA ROMANTIS, TAK MAU DIPISAHKAN SAAT BERHAJI

1 min read

KISAH PASANGAN LANSIA ROMANTIS, TAK MAU DIPISAHKAN SAAT BERHAJI

Antrian haji yang begitu panjang, membuat banyak orang mau nggak mau harus menunggu lama untuk bisa pergi menunaikan salah satu rukun Islam ini. Itulah kenapa banyak banget jamaah dengan usia senja yang menunaikan haji ketika musim haji tiba. Nah, di antara ribuan jamaah yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini, ada pasangan lansia romantis yang baru-baru ini viral jadi perbincangan di media sosial, yakni kisah romantis Kakek Mahmud dan Mak Cum.

 

Mahmud Sopamena (87 tahun) dan istri, Kalsum Litiloli atau biasa dipanggil Mak Cum (75 tahun) adalah pasangan yang berasal Desa Kulu, Pulau Saparua, Provinsi Maluku. Pasangan lansia yang berangkat haji dari embarkasi Ujungpandang ini menarik perhatian setelah videonya beredar di sosial media. Dalam video yang pertama kali diunggah di akun instagram resmi Kemenag RI ini, sang kakek tampak terus memegang erat tangan istrinya sepanjang perjalanan di bandara. Bahkan, kakek Mahmud sempat cemburu dan marah ketika kursi roda sang istri di dorong oleh orang lain.  

 

Nggak hanya saat di bandara menuju Tanah Suci saja, kakek Mahmud juga nggak mau dipisahkan dengan sang istri ketika berada di Tanah Suci. Hari Kamis (18/7) lalu, kakek Mahmud bahkan sampai harus dilarikan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah karena sempat berteriak-teriak mencari belahan jiwanya yang saat itu sedang berada di Masjid Nabawi. Kakek Mahmud juga sempat membentak perawat dan menolak setiap makanan yang diberikan, dia baru bersedia untuk makan ketika sang istri datang dan menyuapinya.

 

MasyaAllah banget ya pasangan lansia romantis yang satu ini. Meskipun usia sudah tak lagi muda, kakek Mahmud masih tetap tampak begitu mencintai sang istri sepenuh hati dan nggak mau dipisahkan dengan belahan jiwanya ini. Bahkan ketika di Tanah Suci pun kakek Mahmud memaksa ingin sekamar dengan sang istri. Alhasil ada jamaah lain yang mau nggak mau harus mengalah agar kakek Mahmud tenang. 

 

Pihak KKHI menyebutkan, kakek Mahmud didiagnosis mengalami gejala demensia, karena seringkali lupa dengan ingatan jangka pandeknya. Untuk itu pihak KKHI memberikan penanganan dengan memberikan obat dan vitamin agar kondisi Kakek Mahmud tetap fit selama proses ibadahnya di Tanah Suci. Kita doakan sama-sama yuk, semoga pasangan lansia romantis kakek Mahmud dan Mak Cum ini diberikan kesehatan dan kelancaran dalam perjalanan hajinya. 

 

 

 


images: //www.ihram.co.id

1
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *