Desi Wulandari Buruh teks serabutan

KISAH BOB SICK, DITOLAK BERANGKAT UMROH SEMBILAN KALI

1 min read

KISAH BOB SICK, DITOLAK BERANGKAT UMROH SEMBILAN KALI

Kenalkan, dia adalah Bob Yudhita Agung, seorang seniman lukis asal Yogyakarta yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Presiden Tato’. Alasannya sederhana dan bisa kamu lihat langsung di tubuhnya. Yap, semua bagian tubuhnya hampir penuh oleh berbagai macam bentuk dan gambar sampai dirinya sendiri ngga ingat ada tato apa saja di sana. Bob mulai keranjingan tato ketika masa kuliahnya di ISI Yogyakarta. Awalnya, dia cuma punya satu tato dan kemudian ketahuan oleh beberapa seniornya yang juga bertato. Bob dihukum membuat tato lagi dan sejak saat itu dia terus menggambar tato di tubuhnya. Tato sendiri identik dengan kenakalan, gaya hidup urakan, dan punya perilaku yang meresahkan.  Kehidupan Bob waktu kecil justru jauh dari kata nakal. Ia termasuk anak yang lebih suka main di rumah. Hobi menggambarnya bahkan membawanya memenangkan berbagai perlombaan dan sering membawa pulang piala. Bob juga pernah merasakan masuk pesantren dan khatam Al-Quran buat pertama kalinya ketika kelas enam Sekolah Dasar.

Namun Bob juga pernah melakukan khilaf dengan terjerat narkoba dan minuman keras. Ia mengakui itu adalah bagian terkelam dalam hidupnya. Hingga akhirnya, setelah berhasil keluar dari lingkungan menyesatkan itu, ia berpikir untuk melakukan ibadah umroh dan ziarah ke tanah suci. Niat baiknya memenuhi panggilan Allah ternyata ngga berjalan dengan gampang. Bob yang minta bantuan seseorang buat mengurus perjalanan umrohnya tersebut selalu mendapat kabar buruk. Ia sering ditolak oleh agen perjalanan umroh. Ketika Bob ditanya, apakah kemungkinan alasan ditolaknya karena tato, dia menjawab “Bisa jadi”. Terhitung sudah sembilan kali temannya mendatangi agen perjalanan untuk mengurus umrohnya, sembilan kali juga ia ditolak.

Mendapatkan sembilan kali penolakan ngga bikin Bob kecewa dan patah semangat. Ia percaya bahwa bagaimanapun penampilan dirinya, Allah SWT akan tetap menerima asalkan dia berusaha keras didampingi dengan niat yang kuat untuk bertaubat dan beribadah ke rumah-Nya. Allah pun memberikan jawaban atas usaha Bob melalui agen perjalanan umroh ke sepuluh yang ia datangi. Bob akhirnya bisa menginjakkan kaki di tanah suci dan melihat Baitullah secara langsung. Apa hikmah yang bisa diambil dari kisah Bob Sick ini? Pertama, masa lalu bukan jadi penghalang untuk kita melaksanakan ibadah kepada Allah. Asalkan kita sungguh-sungguh bertaubat dan ngga mengulangi kesalahan yang sama. Kedua, usaha ngga akan mengkhianati hasil. Niat baik, usaha terus menerus, dan doa yang ngga pernah putus pasti bakal membawa hasil yang baik. Ketiga, Allah pasti akan menerima semua umat Islam yang ingin beribadah kepada-Nya tanpa terkecuali. Bagaimana penampilan kita bukan suatu masalah, asalkan ada kesungguhan hati untuk beribadah dan memohon ridha-Nya.

2
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *