Salsabila A a wanderer and a writer

KEUTAMAAN SALAT HAJAT KETIKA UMROH

1 min read

KEUTAMAAN SALAT HAJAT KETIKA UMROH

Punya keinginan yang ingin segera dikabulkan? Lakukanlah salat Hajat. Apalagi ketika sedang berada di tanah suci, salat hajat ketika umrah pasti akan lebih mustajab karena di Mekah, semua doa baik pasti bakal dikabulkan, insyaAllah. 

 

Hajat punya arti keperluan atau kebutuhan. Jadi salat hajat dilakukan ketika kamu punya keinginan atau keperluan yang penting supaya dikabulkan oleh Allah SWT, misalnya ingin cepat dapat panggilan kerja atau segera dipertemukan dengan jodoh. Nah, mumpung kamu sedang berada di tanah suci dan menjalankan ibadah umrah, ngga ada salahnya buat melakukan salat hajat ini. Misalnya ketika sedang Iktikaf di Masjidil Haram, di sela-sela membaca Al-Quran dan berdzikir.

 

Rasulullah SWT bersabda: “Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (Salat Hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah SWT akan memberikan apa yang ia pinta, cepat atau lambat” (HR. Ahmad).

 

Salat hajat ini bisa dilakukan kapan saja, kecuali di waktu terlarang, yaitu setelah salat subuh dan setelah salat magrib. Namun, sebagian ulama berpendapat kalau di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ngga mengenal waktu terlarang tersebut. Jadi jemaah bisa melakukan salat hajat ketika umrah kapan saja. Kalau jemaah ngga yakin sama pendapat itu, bisa melakukan salat hajat di waktu yang diperbolehkan, di sepertiga malam sehabis atau setelah salat tahajud adalah yang waktu paling utama. 

 

Buat jumlah rakaat salat hajat, minimal kamu bisa melakukan dua rakaat salat hajat. Tapi alangkah lebih baiknya kamu bisa melakukan lebih dari dua rakaat dengan niat yang sungguh-sungguh serta berdoa agar keinginan baikmu segera dikabulkan oleh Allah SWT. Setelah membaca surat Al Fatihah, biasanya para ulama membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al Ikhlas pada rakaat kedua.

 

Perbanyak istighfar dan berdzikir setelah selesai melaksanakan salat Hajat ketika umrah, setelah itu baru memanjatkan doa perihal keinginan dan kebutuhan kamu. Sampaikan dengan sepenuh hati supaya Allah SWT melihat seberapa besar kesungguhanmu dalam menginginkan sesuatu. Kalau kamu sudah melaksanakan salat Hajat tapi keinginanmu ngga segera dikabulkan atau diberikan lainnya, jangan berputus asa. Siapa tahu Allah mengganti keinginanmu dengan sesuatu yang lebih baik. Allah pasti mengerti apa yang paling kamu butuhkan dan mana yang menjadi pilihan terbaik buatmu. Jadi, selain berdoa untuk keinginanmu, minta juga pada Allah agar diberikan yang terbaik.

 

 

Oleh: Desi Wulandari 

image: 

4
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *