Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

KETAHUI MAKANAN KHAS MADINAH YANG BIASA JADI MENU BERBUKA

1 min read

KETAHUI MAKANAN KHAS MADINAH YANG BIASA JADI MENU BERBUKA

Siapa yang suka kopi? Kalau kamu adalah salah satu penikmat kopi, maka menyantap kopi Arab ngga boleh kamu lewatkan saat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan di Tanah Suci. Kenapa? Karena minuman yang satu itulah yang menjadi kekhasan bulan Ramadhan kota Madinah dan Mekkah. Di sana, minum kopi Arab jadi tradisi khusus masyarakat pada malam Ramadhan. Pada saat malam Ramadhan, kopi Arab bisa kamu temukan di semua toko daging panggang. Ya, hampir semua toko daging panggang memang akan menyajikannya di bulan suci Ramadhan. Nah, sebelum kamu terlalu bersemangat memburu kopi Arab, alangkah baiknya ketahui juga makanan khas Madinah yang biasanya menjadi menu berbuka puasa.

 

Loh memang kenapa harus tahu tentang makanan khas Madinah yang biasanya jadi menu berbuka di sana? Karena kamu harus mencicipi satu-satu makanan itu supaya pengalaman berpuasa di Tanah Suci makin mantap. Atau di sisi lain kamu harus tahu itu untuk berjaga-jaga. Barangkali ternyata kamu ngga menyukai makanan-makanan khas sana. Lidah kamu kan biasanya menyantap semur jengkol, rendang, nasi goreng, bakso, nasi padang, atau makanan khas bulan Ramadhan Indonesia seperti kolak. Kalau tiba-tiba harus berpisah dengan makanan-makanan itu mungkin lidah dan perut kamu akan kaget dan kehilangan. Jadi, supaya kamu siap, ketahui dulu makanan-makanan yang bisa kamu makan di Tanah Suci nanti ya. Jangan sampai kamu memulai puasa dengan niat berbuka dengan nasi padang tapi akhirnya kecewa karna ngga kesampaian, hehehe.

 

Salah satu makanan khas Madinah yang biasanya jadi menu berbuka puasa yaitu Soubiya. Makanan yang satu ini berupa gandum yang dicampur dengan susu, gula, dan kayu manis. Mungkin makanan ini adalah penggantinya kolak yang biasa kita makan saat bulan puasa di tanah air ya? Selain soubiya, ada juga sambousek. Kalau makanan yang satu ini berupa boneka kue yang digoreng. Kamu bisa membayangkan kue pastel, risol, atau lumpia, jajanan favorit kamu. Bentuknya memang mirip-mirip beberapa makanan itu. Atau malah jajanan seperti pastel dan kawan-kawannya adalah jajanan yang kamu ngga suka? Wah, kalau begitu kamu harus siap-siap nih pilih makanan lainnya. Ada apalagi? Tentunya ada domba panggang. Domba panggang kan memang sangat lekat dengan Arab. Jadi makanan yang satu ini pasti adalah salah satu makanan yang akan kamu temukan saat berbuka puasa. Itulah beberapa makanan yang akan kamu temukan saat berbuka puasa di Tanah Suci. Memang ketiga makanan itu merupakan makanan favorit masyarakat Madinah saat bulan Ramadhan.

 

Bagaimana? Apa kira-kira kamu suka? Kalau ada kemungkinan kamu ngga doyan beberapa makanan khas Madinah itu, maka baiknya kamu bawa bekal makanan sendiri. Misalnya makanan instan seperti mie. Tapi jangan hanya mie instan saja karena ngga baik buat kesehatan kamu. Roti juga bisa menolong kamu. Yang pasti, jangan sampai ketidakcocokan lidah dan perutmu sama makanan-makanan di Madinah membuat kamu kurang mnikmati dan meresapi pengalaman berpuasa di Tanah Suci ya... Selamat menikmati pengalaman berpuasa di Tanah Suci!

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *