Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

KETAHUI INI CIRI-CIRI TRAVEL UMROH PENIPU

1 min read

KETAHUI INI CIRI-CIRI TRAVEL UMROH PENIPU

Kejahatan bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja, dengan cara apapun. Kita harus mengingat hal tersebut, bukan untuk menakut-nakuti, tapi agar kita lebih waspada. Pasti berita tentang travel umroh penipu sudah sangat akrab di telinga kamu kan? Pasti kamu juga pernah bertanya-tanya, “bagaimana bisa ada orang yang tega menipu dengan memanfaatkan agama yang sakral?” Tapi memang begitu adanya. Manusia-manusia serakah semakin nggak bisa mengendalikan diri. Akhirnya, kini banyak terjadi penipuan berkedok travel umroh. Walaupun kasus-kasus travel umroh penipu membuat kita was-was, jangan sampai ya membuat kita enggakn untuk melaksakan ibadah umroh. Kamu bisa menjaga diri dengan mengetahui ciri-ciri travel umroh penipu.

Anggakplah umroh adalah sesuatu yang akan kita capai dengan lebih dulu melewati tantangan kejahatan travel umroh penipu. Bukankah manusia biasanya suka dengan tantangan? Nah, demi mengalahkan tantangan itu kita perlu bekal. Bekalnya adalah dengan tahu apa saja ciri-ciri travel umroh penipu. Apa saja

Menawarkan promo yang tak masuk akal

Bukan berarti kita harus jadi jamaah anti promo. Tapi, lebih berhati-hatilah dan pertimbangkan apakah tawaran promo yang kamu dapatkan cukup masuk akal. Bagaimana kita bisa menentukan apakah tawaran itu masuk akal atau tidak? Untuk itu kita bisa lakukan hitung-hitungan. Sederhana saja, dimulai dari tiket pesawat ke tanah suci yang ada pada kisaran harga 13 Juta. Selain tiket pesawat, masih ada keperluan lain seperti hotel, konsumsi, dan lainnya. Jadi, kalau kamu dapat promo paket umroh 14 Juta, apakah menurutmu itu masuk akal? Kalau menyimak kata ketua Dewas Kehormatan Asosiasi Penyelenggakra Haji dan Umroh Indonesia sih, biaya paling murah adalah 18 sampai 19 Juta. Itupun kalau diselenggakrakan saat low season. Pada musim umroh tentu akan lebih mahal lagi. Itulah ciri-ciri travel umroh penipu yang pertama.

Tidak berizin dan kantornya fiktif

Kita harus jadi jamaah yang cerdas. Pastikan kalau travel umroh yang akan kita gunakan jasanya memiliki izin dan memiliki kantor resmi sendiri. Kalau tidak, sebaiknya cari saja travel umroh lainnya. Kamu bisa mengecek kelengkapan izin travel umroh tersebut. Apa saja izin yang harus dikantongi oleh sebuah usaha travel? Diantaranya yaitu izin dari kementerian agama, kementerian hukum, AMPHURI, juga sertifikat bisnis syariah dari MUI. Untuk bisa tahu apakah travel umroh tersebut punya izin lengkap atau tidak, kamu bisa tanyakan atau minta ditunjukkan langsung oleh pihak travel. Selain itu, di jaman digital ini, kamu juga bisa memanfaatkan website travel umroh. Nah, dari website-nya saja, kamu bisa memperkirakan keprofesionalitasan sebuah travel umroh. Kalau websitenya saja sudah website gratisan, ya sudah tinggaklkan saja karena itu bisa menjadi salah satu ciri-ciri travel umroh penipu.

Masa tunggu yang dijanjikan terlalu lama

Jangan kira kalau umroh punya masa tunggu yang lama seperti ibadah haji. Umroh sebenarnya sama sekali tidak punya masa tunggu. Kalau kamu selesai bayar, maka kamu bisa langsung berangkat tak lama kemudian. Seperti perjalanan wisata biasa saja. Jadi, sebelum bayar, tanyakan dulu kapan kamu akan diberangkatkan. Kalau jawabannya harus menunggu cukup lama, maka curigalah. Apalagi kalau sudah bayar dan waktu keberangkatan ditunda-tunda, kamu harus cepat bertindak karena itu ciri-ciri travel umroh penipu.

Itulah ciri-ciri travel umroh penipu yang harus jadi bekal kamu mengalahkan tantangan kejahatan travel umroh masa kini. Jangan abaikan satupun ciri-cirinya dan tetaplah waspada.

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *