Salsabila A a wanderer and a writer

KENALAN DENGAN EMPAT PILAR KAB’AH

1 min read

KENALAN DENGAN EMPAT PILAR KAB’AH

Belum punya kesempatan buat datang mengunjungi kab’ah? Jangan resah dan gelisah, tetap berusaha dan berdoalah. Kalau Allah menghendaki, pasti waktunya akan tiba. Sementara kita berusaha dan berdoa, ayo berkenalan dulu dengan kab’ah biar saat waktunya tiba, kita sudah lebih akrab dengannya. Kita bisa mulai berkenalan dengan empat pilar kab’ah.

 

Yap, pilar-pilar di keempat sudutnya itu. Walaupun kamu belum pernah melihat kab’ah langsung, tapi pasti kamu sudah tahu kan kalau kab’ah itu bentuknya kubus sehingga punya empat pilar atau empat sudut. Ternyata keempat pilarnya bukan sembarang pilar. Masing-masing pilar berhubungan dengan rukun kab’ah. Rukun Yamani, Rukun Iraqi, Rukun Aswad, dan Rukun Syami.

 

Diantara keempat rukun kab’ah, mana yang paling akrab di telinga kamu? Besar kemungkinannnya adalah Rukun Aswad. Kalau kamu menghubungkan rukun atau pilar ini dengan hajar aswad, maka kamu ngga salah sama sekali. Memang rukun aswad lebih dikenal dengan hajar aswad. Jadi, ayo kita mulai dari Rukun Aswad yang sudah cukup akrab di telinga ya?

 

1. Rukun Aswad dan Rukun Yamani

 

Berkenalan dengan Rukun Aswad kurang pas rasanya kalau ngga sekaligus kenalan dengan Rukun Yamani. Ibarat kehidupan kita, dua rukun ini adalah dua rukun yang bersahabat. Keduanya menghadap ke arah yang sama yaitu Negeri Yaman. Keduanya juga dianggap sebagai rukun yang paling penting dan lebih dimuliakan di sisi Allah SWT. Ngga heran kalau banyak jamaah haji yang rela berdesak-desakan untuk bisa mencium dan mengusap Rukun Aswad maupun Rukun Yamani.

 

Tapi ingat ya, kalau memang sangat sesak, ngga perlu memaksakan diri untuk bisa menyentuh dan mencium kedua rukun kab’ah ini. Seperti kata Jabir bin Zaid, “Janganlah kamu berdesak-desakan untuk mencapainya. Apabila kamu mendapatinya sedang senggang, sentuhlah, dan jika tidak, berlalulah”.

 

Ohya, kalau rukun yamani, cukup kamu sentuh atau usap saja. Ngga perlu menciumnya karena sunnahnya begitu.

 

2. Rukun Iraqi dan Rukun Syami

 

Kalau Rukun Aswad dan Rukun Yamani disebut juga dengan “Dua Rukun Yamani”, maka Rukun Iraqi dan Rukun Syami juga memiliki nama duo yaitu “Dua Rukun Syamiani”. Dua rukun kab’ah ini menghadap ke Negeri Syam. Negeri yang sekarang meliputi semua negara di pantai timur laut tengah, seperti Libanon, Suriah, Palestina, dan Yordania. Walaupun Dua Rukun Yamani lebih dikenal diantara para jamaah haji, tapi Dua Rukun Syamiani ini juga tak kalah istimewa.

 

Sudah kenal empat rukun kab’ah atau pilar-pilar kabah kan? Semoga setelah lebih mengenalnya, semangat kamu semakin terpacu untuk bisa berkunjung ke Baitullah yaa. 

 

 

 

Oleh: Khaerunisah

5
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *