Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

JELANG PUNCAK HAJI, PERSIAPKAN BEBERAPA HAL INI

1 min read

JELANG PUNCAK HAJI, PERSIAPKAN BEBERAPA HAL INI

Jamaah haji Indonesia telah selesai diberangkatkan dari masing masing embarkasi di Tanah Air, dan semua jamaah haji kini tengah berkumpul di Makkah untuk bersiap siap melaksanakan puncak ibadah haji yaitu wukuf di padang Arafah, yang diperkirakan akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 10 agustus 2019 dari hasil sidang isbat pemerintah Arab Saudi.

Nah, karena waktu wukuf ini tinggal sebentar lagi, maka para jamaah haji harus segera mempersiapkan diri dengan baik, baik persiapan fisik maupun mental, untuk menghadapi puncak ibadah haji, yaitu wukuf di padang Arafah, mabit di Muzdalifah, mabit di Mina sekaligus lontar jumrah. Tentu saja puncak ibadah haji ini bukan hal yang mudah dan pasti melelahkan. Tapi, pasti bisa dilalui dengan baik jika kita tentunya mempersiapkan fisik dengan baik.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para jamaah sebelum memasuki puncak haji adalah mengurangi aktivitas yang mungkin menguras tenaga seperti pergi ke Masjidil Haram bagi yang menempati maktab agak jauh dari masjid. Karena persiapan fisik dengan baik untuk menghadapi puncak haji sangat mempengaruhi khusyuk nya ibadah.

Untuk melayani ibadah para jamaah haji, maka pemerintah Indonesia tidak melaksanakan, mengagendakan, memprogramkan pelaksanaan ibadah tarwiyah untuk seluruh jamaah haji Indonesia, dengan pertimbangan pelaksanaan tarwiyah itu sehari sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah. Wukuf di Arafah itu adalah rukun haji dalam waktu yang sangat pendek. Dengan pertimbangan keabsahan haji, pemerintah berkonsentrasi pada rukun hajinya yaitu wukuf di Arafah.

Namun, bila ada jamaah yang ingin melaksanakan ibadah tarwiyah, pemerintah menghimbau agar yang bersangkutan menyampaikan rencananya dan berkordinasi kepada pimpinan kloter yang ada.

Selain persiapan fisik tadi, persiapan mental pun juga tak kalah penting untuk dipersiapkan oleh jamaah haji, yaitu dengan memperbanyak berzikir dan berdoa agar diberikan kelancaran dan kemudahan saat menjalani ibadah pada puncak haji nanti. Sebab tanpa pertolongan Allah, mereka tidak akan bisa beribadah dengan baik dan lancar. Selain itu pembekalan pembekalan materi manasik berupa amalan, hukum dan tata cara wukuf, mabit di Muzdalifah dan Mina juga akan terus diberikan kepada jamaah haji agar mereka mendapatkan ibadah haji yang mabrur karena sesuai dengan manasik yang diajarkan Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam. 

 

 

2
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *