Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

JANGAN LUPAKAN DOA UNTUK AKHIRAT SAAT BERHAJI

1 min read

JANGAN LUPAKAN DOA UNTUK AKHIRAT SAAT BERHAJI

Meminta apapun hukumnya sah sah saja saat kita melaksanakan ibadah haji atau umroh, sebab memang tempat tersebut adalah tempat yang sangat mustajab. Namun dianjurkan kepada jamaah haji atau umroh tidak selalu meminta kepada Allah dalam urusan dunia semata. Sebab hidup manusia bukan hanya didunia namun akan melalu fase kehidupan barzakh dan kehidupan akhirat. Dan itupun sangat penting, juga tidak boleh dilupakan.

Umumnya jamaah Haji atau Umroh, saat berada ditempat tempat mustajab hanya meminta kepada Allah untuk urusan dunia seperti jodoh, harta, pangkat dan jabatan serta lainnya. Berbeda dengan para sahabat terdahulu. Seperti Abdullah bin Al-Mubarak yang dikenal dengan julukan Syaikh al-Hadits pada zamannya, lahir di Marwa pada 118 H. Ia meninggal dunia di Hait pada bulan Ramadhan tahun 181 H usai perang melawan tentara Romawi, dalam usia 63 tahun. Beliau adalah seorang hafizh (ahli hadis), mujahid, pengusaha, dan penjelajah. Dalam sebuah riwayat disebutkan, sosok ahli hadits ini ketika hendak meminum air zamzam, beliau berdoa, “Ya Allah, aku minum air zamzam ini agar tidak kehausan di Padang Mahsyar”. MasyaAllah..

Adapun yang dimaksud dengan kebaikan urusan akhirat adalah agar kita selamat dari siksa kubur, selamat di padang Mahsyar dan api neraka. Memperoleh kebaikan dan ridha Allah, mendapatkan kenikmatan yang abadi, dekat dengan Rabb Yang Maha Penyayang hingga doa ini menjadi doa yang paling lengkap, paling sempurna dan paling utama yang sebaiknya didahulukan dibandingkan dengan doa duniawi.

Oleh karenanya jamaah haji, maupun umroh, sebaiknya bisa menyeimbangkan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat saat berdoa. Rasulullah Saw selalu membaca doa memohon kebaikan di dunia dan di akhirat.  Anas bin Malik radhiyallahu anhu, menceritakan bahwa upaya untuk bisa meraih kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, sangat menjadi perhatian yang sungguh sungguh dalam doa Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam..

Dari Anas radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan beliau  adalah : “ Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (H.R Imam Bukhari). 

1
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *