Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

JANGAN LUPA SHALAT SUNNAH SAFAR SEBELUM PERJALANAN

1 min read

JANGAN LUPA SHALAT SUNNAH SAFAR SEBELUM PERJALANAN

Punya rencana pergi haji atau umroh dalam waktu dekat? Pasti persiapannya macem-macem ya. Apalagi kalau keberangkatan haji dilakukan bersama keluarga besar, makin riwehlah suasana di rumah kamu. Nah, walaupun nanti semakin mendekati waktu keberangkatan kamu dan keluarga makin sibuk, jangan sampai lupa melaksanakan shalat sunnah sebelum haji. Kamu pasti sudah pernah atau bahkan sering mendengar shalat sunnah yang satu ini. Ya, shalat sunnah safar. Sholat sunnah yang dilaksanakan sebelum meninggalkan rumah saat akan melaksanakan perjalanan, termasuk ibadah haji maupun umroh.

Saat kita pergi menunaikan ibadah haji, apalagi kalau bersama-sama dengan keluarga, maka rumah kita akan kosong. Itulah salah satu manfaat melakukan shalat sunnah sebelum haji. Shalat sunnah safar akan bisa menjadi pengganti diri kita di rumah yang ditinggalkan. Sebagaimana Hadist Nabi Muhammad SAW yang bunyinya: 

"Tidak ada pengganti seorang hamba di rumahnya yang lebih disukai Allah daripada shalat empat raka'at di rumahnya tatkala selesai berpakan untuk bepergian."

Selain itu, dengan melaksanakan shalat sunnah safar sebelum haji, insyaallah kita juga akan terhindar dari berbagai kejelekan yang mungkin menghalangi kita di luar rumah atau di tanah suci. Hal itu dijelaskan dalam Hadist dari Abu Hurairah RA. Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika engkau keluar dari rumahmu maka lakukanlah shalat dua rakaat yang dengan ini akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu maka lakukanlah shalat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah.”

Jadi, mulai sekarang masukan shalat sunnah safar sebelum haji ke dalam daftar kegiatan yang harus kamu dan keluarga lakukan. Ya, jangan lupa juga untuk mengingatkan semua anggota keluarga atau rekan-rekan yang akan berangkat haji untuk melaksanakan sholat sunnah ini juga. Bukan cuma mengingatkan, kamu juga bisa memberitahu mereka yang belum tahu tentang tata cara sholat safar. Nah, apakah kamu sendiri juga belum tahu? Kalau begitu, ayo kita pelajari bagaimana tata caranya.
 

  1. Membaca Niat

Bacaan niat shalat safar tergantung berapa raka’at yang akan kamu kerjakan. Ya, kamu bisa melakukan shalat safar dalam dua pilihan jumlah raka’at yaitu dua dan empat rakaat. Mana jumlah raka’at yang harus dipilih? Itu tergantung kemampuan dan kemampuan kamu yang melaksanakannya. Berikut ini niat shalat safar untuk masing-masing jumlah raka’at:

Niat sholat sunnah safar dua rakaat,

"Ushalli sunnatas safar rak'ataini lillahi ta'aalaa." (Saya niat shalat sunnah safar dua raka'at karena Allah Ta'aalaa)

"Ushalli sunnatas safari arba'a raka'aatin lillahi ta'aalaa" (Saya niat shalat sunnah safar empat raka'at karena Allah Ta'aalaa)

2. Membaca doa iftitah seperti pelaksanaan shalat lainnya.
3. Membaca surat Al-Fatihah, surat Al-Kafirun, dan surat Al-Ikhlas

Seperti shalat wajib atau shalat sunnah yang biasa kita laksanakan, surat Al-Fatihah adalah surat yang wajib kita baca. Kemudian untuk suratan lainnya sebenarnya bebas, tidak ada ketentuan yang mengharuskan untuk membacakan surat tertentu. Tapi untuk lebih bagusnya, disarankan untuk membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas ada raka’at kedua kalau kamu melaksanakan shalat sunnah safar sebelum haji dengan dua raka’at. Selain itu, ayat kursi dan surat Al-quraisy juga dianjurkan.

4. Berdoa untuk keluarga, teman, dan kerabat yang ditinggalkan. Selain itu juga berdoa untuk diri sendiri agar diselamatkan dan dimudahkan dalam melaksanakan ibadah haji.

Setelah kamu selesai shalat safar sebelum haji dan akan keluar rumah untuk pergi ke bandara, bacalah doa “Bimmillahi Tawakkaltu 'Alallaahi Walaa Haula Walaa Quwwatq Illa Billah" (Dengan Nama Allah, Saya Bertawakkal Kepada Allah Dan Tidak Ada Daya Upaya Kecuali Kekuatan Allah). Jangan lupa juga untuk membaca doa berkendara dan selalu awali apapun dengan ucapan basmallah.

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *