Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

JANGAN LAKUKAN INI SAAT PERTAMA KALI MELIHAT KAB’AH

1 min read

JANGAN LAKUKAN INI SAAT PERTAMA KALI MELIHAT KAB’AH

Pengalaman pertama memang biasanya membuat kita bersemangat. Pertama kali masuk sekolah, pertama kali datang ke kebun binatang, pertama kali naik pesawat, dan pertama-kali-pertama-kali lainnya. Tapi akan ada yang berbeda saat pertama kali melihat kab’ah. Bukan hanya bersemangat saja namun ada juga kagum dan haru bercampur jadi satu. Kagum pada bangunan kab’ah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Dan haru yang entah apa sebabnya. Mungkin karena akhirnya kamu bisa menyempurnakan rukun islammu. Bisa juga karena akhirnya bisa menginjakkan kaki di tanah suci. Atau alasan lainnya yang ngga bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Pokoknya semua alasan-alasan itu membuat kamu jadi semangat menggebu-gebu.

 

Perasaan semangat yang ngga seperti biasanya itu malah membuat jamaah haji sulit mengontrol diri. Biasanya mereka tanpa sadar meneteskan air mata saat pertama kali melihat kab’ah. Mungkin  kamu sering bertanya-tanya, bagaimana bisa seseorang tiba-tiba menangis? Nyatanya seperti itu, meski sulit buat dijelaskan. Tangis haru saat melihat kab’ah memang sulit dikendalikan. Tapi, tindakan kamu di depan kab’ah bisa dong? Kalau kamu sebentar lagi memiliki kesempatan untuk pergi ke tanah suci, ingat untuk mengontrol tindakan ya. Jangan lakukan foto selfie!

 

Memang sekarang mengambil foto di tempat yang kita kunjungi sudah seperti kewajiban saja. Investasi kenangan katanya. Tapi, pernahkah kamu merasa saat berlibur lalu terlalu sibuk mengambil foto malah membuat kamu kurang menikmati liburan? Rasanya kurang meninggalkan kesan karena sepanjang perjalanan yang kamu pedulikan adalah citra pemandangan sekitar melalui handphone, bukannya pemandangan yang sesungguhnya? Makanya jangan sibuk berfoto selfie di tanah suci.

 

Pasti sebagian dari kalian setuju dengan alasan di atas kan? Tapi, itu cuma alasan lain karena ada alasan yang lebih penting. Yaitu bahwa ternyata, sekarang Arab Saudi sudah mengeluarkan larangan berfoto selfie di masjidil haram maupun masjid nabawi melalui nota diplomatik. Nota diplomatik itu dikeluarkan secara resmi pada November 2017 lalu.

 

Dengan mengeluarkan nota diplomatik berisi larangan berfoto selfie, kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi berharap agar negara-negara yang mengirimkan jamaah bisa memberi penyuluhan tentang ini. Tentu salah satunya adalah Indonesia. Pemerintah Indonesia pun menanggapinya dengan positif. Sementara MUI menanggapi larangan dari kementerian Arab Saudi itu dengan memahaminya sebagai upaya buat menghindari sifat riya. Jadi, kalau kamu tetap nekat berfoto selfie atau mengambil foto di sekitar masjidil haram maupun masjid nabawi, siap-siap saja dapat masalah. Ingat hal ini ya saat pertama kali melihat kab’ah.

8
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *