Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

JANGAN BAWA BARANG INI, TAATILAH PERATURAN BAGASI PESAWAT

1 min read

JANGAN BAWA BARANG INI, TAATILAH PERATURAN BAGASI PESAWAT

Sedia payung sebelum hujan bisa jadi motto hidupmu. Tapi ingat, gunakan motto itu pada tempatnya. Terutama saat kamu akan naik pesawat untuk menunaikan ibadah haji. Jangan sampai demi menegakkan motto hidup sedia payung sebelum hujan, kamu malah kena cegat petugas bandara karena bawa barang-barang yang dilarang masuk pesawat. Banyak loh jamaah yang kena cegat karena bawa barang-barang yang dilarang. Jadi, taatilah peraturan bagasi pesawat, jangan sampai bawa barang-barang yang dilarang ya.

Ingat loh, tanpa naik pesawat, kamu nggak bisa sampai ke tanah suci. Eh, bisa sih, tapi apa kamu sanggup jalan kaki atau naik sepeda? Lalu terombang-ambing di gelombang lautan berhari-hari? Nah, memang apa aja sih barang-barang yang dilarang di peraturan bagasi pesawat itu?

1. Botol berukuran lebih dari 100ml, atau lebih dari 300 ml untuk minuman

Perlengkapan mandi adalah salah satu kebutuhan yang utama. Bagaimana jadinya kalau kita bepergian tanpa membawa perlengkapan mandi. Ya bisa beli di tempat tujuan sih, tapi kan ini pergi ke luar negeri yang umumnya harga belinya akan lebih mahal kalau dihitung dalam rupiah. Demi menghemat dana, kita harus bawa dari rumah. Nah, perlu kita ketahui kalau ada peraturan bagasi pesawat yang membatasi volume botol yang kita bawa. Perlengkapan mandi kan kebanyakan menggunakan botol ruh. Jadi, pastikan kalau volume botol perlengkapan mandimu seperti sabun cair, shampo, dan lainnya nggak lebih dari 100 ml . Oh ya, kalau untuk botol minum, ukuran maksimalnya adalah 300 ml ya.

2. Benda tajam

Lagi-lagi demi menerapkan motto hidup sedia payung sebelum hujan, setiap bepergian kamu bawa benda tajam demi melindungi diri dari dunia yang jahat ini. Ya, boleh saja sih kalau paling kamu bepergian naik bus antar-kota-antar-provinsi. Tapi, kali ini kamu pergi ke tanah suci dengan naik pesawat, jadi janganlah bawa benda tajam. Itu bisa membuat kamu berurusan dengan petugas bandara. Peraturan bagasi pesawat ini tentu bukan cuma berlaku waktu kamu berangkat dari tanah air, tapi juga waktu pulang. Jadi, jangan juga kamu pilih souvenir atau oleh-oleh yang tergolong sebagai benda tajam ya... Lebih pusing lagi kalau kamu harus ribut dengan petugas bandara di Arab, apalagi kalau kamu nggak bisa bahasa Arab atau bahasa inggris.

3. Makanan dan obat-obatan tertentu

Beberapa makanan dilarang untuk masuk pesawat. Misalnya produk yang berasal dari hewan seperti daging, susu, dan sebagainya. Alasannya karena makanan tersebut bisa saja membawa bakteri pathogen yang bisa menginfeksi. Selain itu dilarang juga obat-obatan tertentu. Pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi dengan disertai resep dari dokter supaya aman dari cegatan peraturan bagasi pesawat.

Itulah beberapa barang-barang yang mungkin lupa kamu bawa karena terbiasa membawanya. Tentu masih ada beberapa barang-barang lainnya yang nggak boleh kamu bawa masuk pesawat. Tapi beberapa barang tersebut pasti sudah kamu tahu karena umumnya dilarang di mana-mana seperti bahan peledak, zat kimia yang membahayakan, dan sebagainya. Pastikan kamu menaati peraturan bagasi pesawat ya, demi bisa lancar jaya perjalananmu ke tanah suci lho. Perjalanan lancar, ibadah pun akan bisa lebih khusyuk.

1
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *