Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

INI TRIK PENYIMPANAN UANG YANG AMAN SELAMA DI TANAH SUCI

1 min read

INI TRIK PENYIMPANAN UANG YANG AMAN SELAMA DI TANAH SUCI

Bekal uang bagi para jamaah haji bisa dibilang sangat penting. Uang ini pastinya akan dipakai untuk membeli kebutuhan sehari-hari selama menjalankan ibadah di Tanah Suci, termasuk oleh-oleh yang akan dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Bekal uang ini juga udah seharusnya dijaga dengan baik. Tapi, ternyata belum semua jamaah paham gimana cara penyimpanan uang yang aman selama menunaikan ibadah haji. Masih banyak lho ditemukan kasus jamaah yang kehilangan tas berisi uang saat mereka lagi beribadah di masjid.

Jamaah memang sebaiknya nggak membawa semua uangnya ke masjid. Sebagian besar kasus kehilangan terjadi pada mereka yang membawa-bawa tas berisi uang tunai kemanapun mereka pergi. Ada juga sih jamaah yang kehilangan uang karena alasan sepele seperti lupa naroh di mana. Nah, agar terhindar dari kejadian nggak enak ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa kita ikuti.

1. Jangan Berlebihan Bawa Uang Tunai

Tips penyimpanan uang yang aman di Tanah Suci ini penting banget karena kebanyakan jamaah merasa insecure kalau harus meninggalkan sebagian uang bekalnya di hotel. Padahal, membawa sebagian aja uang bekal lebih aman ketimbang membawa semuanya sekaligus. Kalau ilang, ya ilang semua deh! Jangan terlalu berlebihan bawa uang tunai. Kita cukup bawa yang kira-kira diperlukan aja. Sisanya bisa disimpan di kamar hotel.

2. Manfaatkan ATM

Gimana kalau ternyata uang tunai yang dibawa masih nggak cukup buat beli oleh-oleh di luar? Apa iya harus balik dulu ke kamar hotel buat ambil sisa uang di lemari? Ya enggak, dong. Kita kan bisa manfaatin fasilitas ATM yang ada di Mekkah dan Madinah. Banyak kok ditemukan mesin ATM terutama di dekat pusat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh. Kartu ATM yang tipis juga pastinya lebih mudah dibawa daripada segepok duit dalam tas.

3. Gunakan Safety Box di Kamar Hotel

Beberapa hotel ada lho yang menyediakan fasilitas safety box sebagai tempat penyimpanan barang-barang berharga, termasuk uang. Biasanya, fasilitas ini bisa kita temukan di hotel bintang 4 ke atas. Kita tinggal manfaatkan saja fasilitas ini. Uang tunai bisa disimpan di dalamnya saat kita melipir keluar buat belanja oleh-oleh. Kalau ternyata nggak ada safety box di kamar hotel? Cara penyimpanan uang yang aman adalah dengan menyimpan saja uang tunai dalam koper lalu kunci rapat. Insya Allah nggak akan ada yang ambil.

 


image source: Unsplash

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *