Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

INI 5 TEMPAT MIQOT JAMAAH HAJI YANG HARUS DIKETAHUI

1 min read

INI 5 TEMPAT MIQOT JAMAAH HAJI YANG HARUS DIKETAHUI

Saat melaksanakan ibadah umroh atau haji, mungkin kita sudah nggak asing dengan istilah miqot. Miqot sendiri ialah batas tempat untuk tiap orang yang hendak memasuki kota suci Mekkah. Orang-orang ini nantinya diharuskan mengetuk pintu pada penghuni surga yang menjaga tempat tersebut dengan kalimat talbiyyah, doa-doa serta pakaian ihrom. Nah, sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, tempat miqot itu di mana aja, sih?

 

Miqot sendiri mengajarkan pada kita agar memiliki etika saat hendak memasuki tempat apapun, misalnya rumah, masjid ataupun tempat-tempat lain. Caranya adalah dengan berdoa minta keberkahan serta perlindungan pada Allah dari tempat tersebut. Sama halnya apabila kita hendak memasuki kota Mekkah dan ingin menuju Masjidil Haram. Orang tersebut wajib melewati titik-titik miqot yang telah ditetapkan Nabi Muhammad shallallau ‘alaihi wasallam. Berikut adalah lima tempat untuk melakukan miqot tersebut.

 

1. Dzul Hulaiyfah

 

Di tempat ini akan kita temukan masjid yang dikenl sebagai Masjid Bir Alyatauabyraly. Lokasi Dzul Hulaiyfah ini sendiri sekitar 450 kilometer dari kota Mekkah. Jaraknya cukup jauh sehingga sering digunakan orang-orang yang asalnya dari Madinah dan sekitarnya. Pasalnya jarak dari Madinah menuju tempat ini hanya sekitar 9 kilometer.

 

2. Juhfah

 

Jaraknya kira-kira 187 kilometer dari Mekkah. Arah tempatnya adalah menuju Syam sehingga biasa digunakan untuk mulai melakukan ihrom oleh jamaah asal Suriah, Palestian, Yordania dan orang-orang Saudi asal Utara

 

3. Dzatu Irqin

 

Tempat miqot satu ini arahnya menuju Iran dan Irak. Nggak heran kalau penduduk Iran, Irak dan negara-negara sekitarnya seringkali melakukan miqot dari sini. Lokasinya sendiri berjarak kira-kira 94 kilometer dari kota Mekkah.

 

4. Yalamlam

 

Yalamlam sebenarnya ialah nama lembah yang berada di bagian tenggara dari Saudi Arabia. Arahnya menuju Yaman, jadi penduduk negara Yaman ataupun negara-negara lain yang searah dengannya, termasuk negara-negara Asia Tenggara, akan melakukan miqot di sini.  Biasanya, jamaah haji maupun umroh akan melakukan miqot saat mereka berada di dalam pesawat saat melewati Lembah Yalamlam. Awak pesawat akan memberitahu saat sudah mendekati lembah ini.

 

5. Qornul Manazil

 

Tempat ini berupa perbukitan dengan jarak kira-kira 90 kilometer di sebelah timur Mekkah. Biasanya, Qornul Manazil akan jadi lokasi miqot untuk jamaah yang asalnya dari Kota Nejd.

 

Kita semua seharusnya bisa memetik pelajaran dari tempat miqot ini. Etika dan adab harus selalu melekat dalam diri. Ini karena kecantikan maupun kegantengan yang abadi itu bukan bersumber dari fisik seseorang, melainkan dari etika serta adab yang dimiliki orang tersebut.

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *