sabila ainur a wanderer and a writer

INI 5 ALASAN MEKKAH DAN MADINAH DISEBUT KOTA SUCI

1 min read

INI 5 ALASAN MEKKAH DAN MADINAH DISEBUT KOTA SUCI

Kita mungkin sering ikut-ikutan menyebut Mekkah dan Madinah sebagai kota suci. Tapi, kita sendiri tahu ngga, apa sih yang menyebabkan dua kota tersebut mendapat predikat itu? Jangan-jangan, selama ini kita memanggilnya kota suci tanpa tahu maknanya! Nah, berikut akan dipaparkan lima alasan mengapa kota Mekkah dan kota Madinah mendapat julukan kota suci.

 

Ada Kabah

 

Alasan pertama, jelas karena di Mekkah terdapat Kabah alias Baitullah, kiblat umat Islam di seluruh dunia. Bangunan ini adalah yang pertama kali dibangun di dunia sebagai tempat menyembah Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagai rumah Allah, sudah pasti dong Kabah harus selalu terjaga kesuciannya terutama dari hal-hal yang haram dilakukan di dunia.

 

Tempat Lahir Nabi Terakhir

 

Kota Mekkah telah dipersiapkan Allah subhanahu wa ta’ala sebagai saksi lahir manusia terbaik di seluruh alam semesta. Siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam. Rasulullah menjalani aktivias di Mekkah lalu diangkat sebagai Nabi dan Rasul pada usia 40 tahun. Kota ini turut jadi latar pengangkatannya menjadi Nabi serta Rasul, yaitu saat beliau didatangi Malaikat Jibril dalam Gua Hiro. Peristiwa suci semacam ini jelas hanya akan terjadi di kota yang suci juga.

 

Masjidil Haram

 

Masjidil Haram ialah bangunan masjid yang letaknya mengelilingi Kabah. Satu hal yang bikin takjub terkait Masjidil Haram ialah keutamaan beribadah di masjid ini.  Satu kali sholat di Masjidil Haram akan mendapat keutamaan 100 ribu kali sholat di masjid lain! Ngga heran kan kalau Mekkah Madinah disebut kota suci.

 

Tempat Disempurnakannya Rukun Islam

 

Keislaman seseorang akan lengkap di kota Mekkah dengan ditunaikannya ibadah haji. Semua orang Islam yang mampu serta taat pastinya akan sangat memimpikan untuk bisa berkunjung kemari. Sebagai sebuah kota yang didatangi umat dari seluruh penjuru dunia, pastinya Allah telah mempersiapkannya secara khusus di sebuah tempat yang suci.

 

Letak Mekkah Ada di Pusat Bumi

 

Ngga adil rasanya mengkaji keistimewaan Mekkah Madinah dari sudut pandang Islam saja, tapi engga secara ilmiah. Berdasarkan penelitian, ternyata letak kota Mekkah ada di pusat bumi. Ahli fiqh menemukan fakta bahwa matahari ada tepat di atas langit kota Mekkah karena ada satu hari dalam setahun di kota ini di mana ngga ada sesuatu apa pun yang berbayang pada tengah hari. Luar biasa, bukan?

 

4
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer