Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

INI 4 TIPS BERANGKAT KE MASJID SAAT UMROH

1 min read

INI 4 TIPS BERANGKAT KE MASJID SAAT UMROH

Di Indonesia, berangkat ke masjid kayaknya nggak perlu tips khusus, ya. Siapkan saja sajadah, keluar rumah sambil mengucap doa lalu langsung jalan ke masjid terdekat. Tapi, saat menjalankan ibadah umroh di Mekkah, tips berangkat ke masjid ini jadi penting banget. Pasalnya, ada jutaan umat Islam yang sama-sama menjalankan umroh dan bikin jalanan jadi padat merayap.

Kita wajib tahu kapan saat-saat yang tepat buat berangkat ke masjid dan mengatur waktu dengan baik agar tetap bisa dapat tempat sesampainya di masjid. Kalau ragam tips di bawah ini diabaikan, bisa-bisa kita gagal menunaikan sholat di masjid dan mendapat pahala berlipat saat umroh. Rugi bandar dong? Untuk itu yuk intip tips berangkat ke masjid saat umroh berikut ini:

1. Ketahui Jam Buka Masjid

Masjid Nabawi akan dibuka satu jam sebelum berkumandangnya adzan subuh. Waktu dibukanya masjid ditandai dengan suara adzan, kecuali bulan Ramadhan di mana masjid ini buka selama 24 jam. Ziarah makam Rasulullah akan diperbolehkan setiap saat bagi pria kecuali pada waktu sholat berjamaah. Ziarah untuk wanita akan diperbolehkan mulai pukul 7 hinggak 11 pagi dan pukul 1 hinggak 3 sore. Pintu masuk Masjid Nabawi juga dibedakan loh ya antara pria dan wanita, jangan sampai ketuker! Beda dengan Masjidil Haram yang terbuka selama 24 jam dan pintu masuknya dicampur antara pria dan wanita.

2. Tempat Wudhu

Tips berangkat ke masjid di Mekkah berikutnya adalah dengan mengetahui di mana tempat wudhu yang disediakan. Tempat wudhu ini biasanya ada di tempat terpisah dengan masjid, tapi nggak terlalu jauh kok. Setiap tempat wudhu akan dilengkapi pintu khusus pria dan wanita dan lokasinya berdekatan. Kalau kita keluar hotel, usahakan sudah wudhu dan siap untuk sholat serta membawa kartu nama hotel. Keluar hotel juga harus selalu bareng rombongan loh ya, terutama buat kaum wanita.

3. Sepatu dan Sandal

Sepatu ataupun sandal yang dipakai boleh banget dibawa masuk ke masjid, lalu letakkan di tempat yang sudah disediakan. Bisa juga dimasukkan ke dalam kantong sandal.

4. Kembali ke Masjid Saat Kesasar

Jangan panik saat tersesat di kota Mekkah ataupun Madinah. Jalan terbaik apabila tersesat di Mekkah adalah kembali ke Masjidil Haram dan tunggu di pintu nomor 1 King Abdul Aziz Gate. Kalau kesasar di Madinah, kembalilah ke Masjid Nabawi dan tunggu di pintu masuk yang biasa digunakan jamaah Indonesia. Kenapa harus berhenti di situ? Karena di situlah jamaah Indonesia biasa masuk dan ngumpul. Kita bisa dengan mudah bertemu dengan sesama jamaah asal Indonesia dan minta bantuan.

1
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *