Desi Wulandari Buruh teks serabutan

INGIN MENGGUNAKAN TOILET DI MASJIDIL HARAM? BEGINI TIPSNYA

1 min read

INGIN MENGGUNAKAN TOILET DI MASJIDIL HARAM? BEGINI TIPSNYA

Menjalankan rangkaian ibadah haji atau umroh, pastinya butuh kesungguhan hati dan pikiran yang khusyuk dong. Namun, bagaimana kalau di tengah-tengah ibadah, ada “panggilan alam” yang mengganggu kekhusyukan dan membuat kita harus pergi ke toilet? Mau ngga mau, kita harus berhenti melakukan kegiatan ibadah dan mencari di mana toilet berada. Sayangnya, perjalanan membuang hajat ke kamar kecil ini jadi perkara gampang gampang susah. Toilet di Masjidil Haram terletak di halaman Masjid, yang artinya kita harus keluar dari masjid untuk bisa ke sana. Belum lagi antrian di toilet yang cukup makan waktu, apalagi ketika musim haji dan umroh tiba sehingga tambah ramai.

Agar jemaah ngga terlalu lama menghabiskan waktu dalam menyelesaikan urusan “panggilan alam” tersebut, ada tips yang perlu diperhatikan nih. Salah satunya yaitu mencari tahu dulu di mana saja letak toilet, sehingga jemaah ngga perlu kerepotan mencari ke sana dan ke mari. Kalau sudah paham letak toilet tentu bakal menghemat waktu dan bisa beribadah dengan tenang. Di Masjidil Haram, jemaah bisa menemukan toilet di pintu utama atau pintu King Abdul Aziz dan di depan pintu keluar Bukit Marwah. Waktu yang diperlukan buat sampai ke toilet dari Masjid yaitu sepuluh menit. Jemaah bisa menghabiskan waktu sekitar setengah jam hanya buat ke toilet.

Jemaah juga perlu memperhatikan kapan saja toilet di Masjidil Haram dalam keadaan ramai. Biasanya ketika menjelang salat Magrib dan salat Jumat, toilet lebih ramai dipadati jemaah. Apalagi kalau saat itu memang sedang musim haji atau umroh. Nah, kalau jemaah ingin bisa salat dekat dengan Kabah, maka ia harus datang satu jam sebelum azan. Sedangkan ketika salat jumat, jemaah harus datang minimal dua jam sebelumnya ke Masjidil Haram. Kalau jemaah pengin dapat tempat strategis yang dekat dengan Kabah, maka ia harus datang di waktu yang lebih awal. Sehingga, jemaah yang ingin ke toilet sebelum masuk masjid bisa menggunakannya dengan lebih leluasa.

Ada baiknya jemaah menyelesaikan semua urusan yang harus dilakukan di toilet sebelum masuk waktu salat dan pergi ke Masjidil Haram. Jadi, jemaah ngga perlu terganggu di tengah ketika melaksanakan ibadah. Kalaupun terpaksa harus pergi ke toilet, carilah toilet paling dekat dan perhitungkan waktunya agar tetap bisa melakukan ibadah dengan tenang.

2
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *