Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

INGIN BERDOA DI TEMPAT MUSTAJAB DI MEKKAH? INI JAWABANNYA

1 min read

INGIN BERDOA DI TEMPAT MUSTAJAB DI MEKKAH? INI JAWABANNYA

Biasanya, orang-orang yang akan pergi umroh atau haji sudah punya doa yang ingin dipanjatkan nanti di tanah suci. Apakah kamu juga punya doa khusus? Memang berdoa di tanah suci dipercaya lebih mustajab. Lebih akan didengar oleh Sang Pencipta. Anggapan seperti itu bukanlah masalah. Tapi kita juga tetap harus percaya bahwa Allah Maha Pendengar. Di manapun kita berdoa pasti akan didengar oleh-Nya. Tapi kalau kamu memang sudah menyiapkan doa-doa khusus untuk dibawa ke tanah suci, kamu perlu juga tahu tempat-tempat mustajab di Mekkah. Maksudnya, tempat-tempat yang oleh orang-orang dipercaya seperti itu, sebagai tempat yang katanya mustajab. Kalau kamu ingin tahu, berikut ini tempat-tempat itu:

 

  1. Hajr Aswad

 

Tempat ini memang istimewa. Banyak orang yang rela berdesak-desakan untuk menyentuh dan menciumnya. Inilah salah satu tempat yang dipercaya sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa. Hajr Aswad merupakan salah satu tanda bagaimana ngga mudahnya kab’ah dibangun. Dulu Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail harus pergi ke pegunungan demi mendapatkan tambahan material kab’ah. Hajr Aswad sendiri merupakan nama yang merujuk pada sebuah batu yang diberikan Malaikat Jibril kepada Ismail.

 

  1. Multazam

 

Nah, kalau Multazam masih berada dekat dengan Hajr Aswad, yaitu bagian dinding kab’ah yang berada di antara Hajr Aswad. Multazam memanjang sampai pintu kab’ah. Kamu diperbolehkan berdoa di area Multazam sepanjang waktu. Tentu di luar proses thawaf boleh.

 

  1. Rhaudah

 

Hajr Aswad memang sangat terkenal. Tapi Rhaudhah juga tak kalah terkenalnya. Nah, tahukah kamu kalau Rhaudah juga termasuk dalam tempat-tempat mustajab di Mekkah? Yap, doa di tempat ini juga dipercaya mustajab. Sedikit berbeda dengan Hajr Aswad yang terbilang sulit untuk dijangkau saking berdesak-desakannya, Raudhah lebih mudah. Rhaudah ada di Madinah yaitu di Masjid Nabawi. Kalau kamu berjalan ke shaf terdepan Masjid Nabawi. Lalu agak sedikit menjorok ke kiri, di sanalah kamu akan menemukan Rhaudah.

 

  1. Maqam Ibrahim

 

Selanjurnya ada Maqam ibrahim. Setelah selesai melakukan thawaf kamu juga bisa berdoa di sana. Maqam ibrahim bukanlah kuburan melainkan batu yang di atasnya tercetak telapak kaki Nabi Ibrahim. Sekarang, batu ini disimpan dalam bangunan dengan kaca tebal. Tempat ini juga mustajab, kalau ada kesempatan berdoalah di sana.

 

  1. Hijr Ismail

 

Kalau tempat sebelumnya berkaitan dengan Nabi Ibrahim, maka tempat terakhir ini berhubungan dengan Nabi Ismail dan Siti Hajar. Mereka adalah anak dan istri dari Nabi Ibrahim. Tempat ini juga menyimpan sebuah kisah, yaitu tentang Siti Hajar dan Nabi Ismail kecil yang pernah berteduh di sana. Oh ya, jangan lupa juga untuk melakukan sholat sunnah dua rakaat di sana ya sebelum memanjatkan doa.

 

Itulah tempat-tempat mustajab di Mekkah. Kamu bisa berdoa di masing-masing tempat ini kalau memungkinkan. Tapi kalau tidak, ya ngga usah memaksakan ya... Karna ngga dianjurkan untuk memaksakan diri. Misalnya seperti memaksakan diri mencium hajar aswad padahal kondisinya sangat berdesak-desakkan.

1
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *