INDAHNYA TAHAJUD DI MASJIDIL HARAM

1 min read

INDAHNYA TAHAJUD DI MASJIDIL HARAM

Terbayang alangkah indahnya berduaan dengan Allah di sepertiga malam, apalagi jika dilakukan di Masjidil Haram, tempat yang penuh dengan keberkahan dan ladang pahala yang dijanjikan Allah, maka siapapun pasti punya impian untuk diberikan kesempatan seperti itu.

 

Bagi kita yang diberikan kesempatan oleh Allah bisa berangkat menunaikan ibadah Haji atau Umroh maka janganlah membuang kesempatan untuk mencicipi lezatnya bermunajat kepada Allah di Masjidil Haram, sayang sekali jika waktu yang berharga saat keberadaan disana kita hanya habiskan untuk memperbanyak tidur atau istirahat, sebab pahala yang berlimpah menanti untuk kita raih di tempat kelahiran penutup para Nabi yaitu Nabi Muhammad Saw.

 

Waktu yang paling baik untuk melaksanakan Sholat Tahajud diantara waktu malam yang tersedia adalah di sepertiga malam, kalau waktu shubuh di Makkah jam 04.30 waktu setempat maka waktu yang paling afdhol untuk melaksanakan Tahajud adalah sekitar jam 03.00. dan waktu tersebut biasanya Masjidil Haram dipenuhi oleh orang orang yang juga ingin melaksanakan shalat Tahajud.

 

Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan dua rokaat, dengan niat “ Usholli sunnatat tahajudi rokataini lillahi ta’ala”. Adapun surat yang dibaca setelah fatihah itu bisa surat apa saja yang kita hafal. Pengerjaannya bisa dilakukan hingga 12 rokaat. Jangan lupa untuk menutupnya dengan sholat witir sebab sholat Witir adalah penutup dari sholat malam.

 

Setelah selesai kita melaksanakan sholat Tahajud, sambil menunggu azan Shubuh, bisa kita isi dengan berzikir, istighfar dan tasbih atau dengan membaca Al quran hingga terdengar azan Shubuh berkumandang. Karena pada waktu tersebut para Malaikat sedang menyaksikan segala amal sholeh yang dilakukan oleh orang orang yang beriman. Jangan lupa juga doakan seluruh umat Islam dan beriman agar diberikan ampunan oleh Allah.

 

Bagi kita yang akan melaksanakan sholat Tahajud di Masjidil Haram, jangan berangkat dekat dekat dengan waktu Shubuh karena sudah dapat dipastikan kita tidak akan mendapat tempat, jadi sebaiknya kita berangkat sekitar jam 02.30 waktu setempat atau minimal jam 03.00. pada waktu tersebut belum begitu ramai orang pergi ke Masjidil Haram sehingga kita bisa leluasa memilih tempat yang nyaman untuk melaksanakan Tahajud.

 

Bawalah jaket atau baju tebal apalagi saat musim dingin antara bulan november – desember karena itulah puncak musim dingin. Kita boleh ibadah namun kita juga harus menjaga kondisi fisik kita sebab rangkaian ibadah yang akan kita kerjakan masih banyak dan membutuhkan kondisi badan yang prima, apalagi ibadah Haji sebab ibadah yang terdapat dalam rukun Haji merupakan ibadah badan. Sekedar saran, ada baiknya kita mengkonsumsi vitamin setiap hari karena ini akan membantu pelaksanaan ibadah kita selama berada disana.

 

Gunakanlah waktu kita di tanah suci dengan baik untuk beribadah kepada Allah Swt, sebab tidak sedikit jamaah Haji atau Umroh yang menyia nyiakan waktu berharga disana. Mereka habiskan waktu malam hanya untuk mencari oleh oleh dan tidur. Padahal jutaan Umat Islam sangat berharap diberi kesempatan oleh Allah seperti Allah berikan kesempatan kepada kita.

9
dennistutuko