Salsabila A a wanderer and a writer

IDE BARU OLEH-OLEH UMROH YANG KEKINIAN

1 min read

IDE BARU OLEH-OLEH UMROH YANG KEKINIAN

Dzikir kepada Allah ialah salah satu perintah-Nya supaya manusia selalu ingat pada Sang Pencipta. Selain itu, dzikir juga akan membuat manusia berhenti dari dosa serta kemaksiatan. Sebagai seorang Muslim, dzikir hendaknya menjadi aktivitas yang dilakukan tiap saat. Di manapun seseorang berada, baik di dalam maupun di luar rumah, dzikir tetap bisa dilakukan. Nah, kegiatan dzikir ini juga yang membuat tasbih jadi salah satu oleh-oleh haji yang khas dari Tanah Suci.

 

Dzikir sebenarnya ngga harus dilakukan dengan bantuan alat khusus, seperti tasbih. Kita bisa kok menghitung sendiri jumlah dzikir dengan buku-buku jari. Tapi, berdzikir dengan tasbih tampaknya sudah jadi semacam kebiasaan dan dianggap lebih mudah daripada menggunakan buku jari. Ngga heran kalau penjual tasbih bisa ditemukan dengan mudah di mana saja, terutama di Mekkah sebagai tujuan umroh umat Muslim dari seluruh belahan dunia.

 

Di zaman yang serba modern sekarang ini, alat bantu dzikir ternyata ngga hanya tasbih, lho. Sekarang sudah ada alat yang lebih kekinian, yaitu tasbih digital. Tasbih digital lebih praktis digunakan dibanding tasbih konvensional. Makanya, tasbih digital belakangan banyak dipilih sebagai oleh-oleh haji.

 

Tasbih konvensional umumnya masih memungkinkan kita untuk melakukan kesalahan dalam penghitungan, atau ragu-ragu dalam menghitung jumlah dzikir yang dilakukan. Tapi, ngga begitu dengan tasbih digital ini. Ngga perlu khawatir salah hitung jumlah dzikir. Aktivitas dzikir juga akan lebih menyenangkan lewat penggunaan tasbih digital. Bahkan, orang di sekitar kita ngga akan tahu kalau kita lagi berdzikir! Cara penggunaannya sederhana banget, kita cukup menekan tombol yang ada dan angkanya akan langsung berubah di layar.

 

Penjual tasbih digital ini cukup banyak ada di Mekkah dan Madinah. Banyak jamaah haji dan umroh yang memborongnya sebagai oleh-oleh. Belilah di tempat goris sekitaran Mekkah dan Madinah karena harga dijamin lebih murah dibanding beli satuan.

 

Pembelian tasbih digital sebagai oleh-oleh haji ini jelas ngga semata sebagai cenderamata. Fungsi utama dari tasbih sendiri adalah untuk berdzikir pada Allah. Banyak banget keutamaan dizikir bagi seorang Muslim. Termasuk di antaranya adalah terjaga dari perkataan sia-sia, dikelilingi malaikat, dijauhkan dari rasa takut, dicukupi kebutuhannya, menghapus dosa, membuat hati merasa tenang dan bahagia, serta melapangkan rezeki hingga mengusir setan. Banyak banget, kan?

 

 

Oleh: Wahyu Tri Utami

4
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *