Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

HUKUM BERDANDAN SAAT BERJAMAAH DI MASJIDIL HARAM

1 min read

HUKUM BERDANDAN SAAT BERJAMAAH DI MASJIDIL HARAM

Jamaah haji dan umroh banyak memiliki waktu luang untuk melaksanakan sholat berjamaah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, sambil menunggu waktu wukuf di Arafah. Kesempatan ini tentu jangan disia-siakan dan bisa dimanfaatkan dengan melakukan berbagai aktivitas sunah seperti berdzikir sambil menunggu waktu sholat berjamaah. 

 

Adapun hukum sholat berjamaah ini sendiri menurut imam an-Nawawi, itu fardhu kifayah bagi setiap lelaki yang tidak dalam keadaan musafir. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Abu Darda yang mendengar Rasulullah SAW bersabda:  Jika ada tiga orang di suatu desa atau dusun tidak mengerjakan shalat berjamaah, maka setan pasti mengalahkan mereka. Karena itu, berjamaahlah kalian agar tidak seperti kambing yang pisah dari gerombolannya yang mudah dimakan serigala.

 

Saat akan pergi sholat berjamaah di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram, kita tentu biasanya bersiap-siap untuk tampil sebaik mungkin. Nah, pertanyannya apakah boleh jika seorang perempuan berdandan dan menggunakan parfum ketika sholat berjamaah ini? Ada yang menyebutkan bahwa ini hukumnya makruh dan bahkan bisa haram jika sampai menimbulkan jamaah lain jadi tidak fokus, baik pria maupun wanita.

 

Hal ini sebagaimana pendapat yang disampaikan Aisyah RA: Kalau saja Rasulullah SAW tahu apa yang terjadi pada wanita saat ini, maka Rasulullah SAW pasti melarang mereka (berjamaah di masjid) seperti halnya wanita Bani Israel dilarang (ke masjid). Aku coba meyakinkan pernyataanku kepada Amrah, “Benarkan wanita Bani Israel dilarang (ke masjid).” “Iya, benar, Bunda Aisyah”.

 

Oleh karena itulah, bagi wanita yang hendak berjamaah ke masjid sebaiknya memakai pakaian yang tidak mencolok, tidak menggunakan parfum dan kosmetik berlebih. Bila demikian, Imam Malik dan para ulama muta’akhirin mazhab Syafi’i membolehkannya.

 

4
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *