Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

HINDARI HAL INI SAAT BERINTERAKSI DENGAN ORANG ARAB DI SAUDI ARABIA

1 min read

HINDARI HAL INI SAAT BERINTERAKSI DENGAN ORANG ARAB DI SAUDI ARABIA

Berinteraksi dengan warga lokal menjadi salah satu pengalaman menyenangkan yang bisa kita dapatkan saat mengunjungi tempat-tempat baru. Pengalaman tersebut tentu juga bisa kamu dapat saat pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji maupun umroh. Kamu bisa berinteraksi dengan orang Arab di Saudi Arabia. Namun, sebelum berinteraksi dengan mereka, alangkah baiknya kamu ketahui dulu tentang budaya dan kebiasaan setempat yang berkaitan dengan interaksi antar orang-orang di sana. Menerapkan cara berinteraksi sesuai dengan budaya dan kebiasaan setempat memang perlu dilakukan supaya kita bisa diterima dengan baik oleh warga lokal. Ingatlah peribahasa “Di mana tanah di pijak di situ langit dijunjung”. Karena penerimaan dari warga lokal tentu akan sangat berpengaruh pada kenyamanan kita dalam menjelajahi tempat yang kita kunjungi.

Pengetahuan tentang budaya dan kebiasaan setempat juga bisa menghindarkan kita dari kesalahpahaman. Jangan sampai kita melakukan terlibat dalam kesalahpahaman hanya karna tidak tahu. Karena menurut pengalaman jamaah Indonesia yang sudah-sudah, kesalahpahaman memang nggak jarang terjadi dalam interaksi dengan warga lokal Saudi Arabia. Agar kamu nggak mengalami kesalahpahaman seperti yang sudah terjadi pada jamaah Indonesia terdahulu, maka berikut ini 4 hal yang sebaiknya jangan sampai kamu lakukan saat berinteraksi dengan orang Arab di Saudi Arabia:
 

  1. Bagi laki-laki, jangan menghindari pelukan dan ciuman dari sesama laki-laki


Pelukan dan ciuman (mencium pipi dengan bibir) antar laki-laki merupakan hal biasa dalam budaya Saudi Arabia. Sayangnya, karena hal tersebut berbeda dengan budaya Indonesia, beberapa orang menghindarinya. Padahal, menjauhkan diri kita dalam situasi tersebut bisa dianggap sebagai bentuk penolakan karena fisik partner interaksi kita menjijikan. Kita juga bisa dianggap sebagai orang yang dingin dan nggak berperasaan. Untuk itu, bersiaplah dengan kebiasaan ini agar kamu nggak kaget.
 

  1. Bagi perempuan, jangan tersenyum pada lawan jenis yang kita lewati di jalan


Pernah suatu saat seorang jamaah perempuan diikuti oleh laki-laki lokal Saudi Arabia hanya karena saat jamaah perempuan tersebut tersenyum saat melewatinya. Meski bagi kita senyuman kepada orang yang kita lewati adalah biasa dan merupakan bentuk keramahan, tapi tidak begitu menurut budaya dan kebiasaan orang Saudi Arabia. Untuk itu, berhati-hatilah dengan senyum yang kamu berikan saat berinteraksi dengan orang Arab di Saudi Arabia.
 

  1. Bergandengan tangan dengan sesama jenis


Mungkin kamu berkenalan dengan warga lokal dan diajak mengunjungi suatu tempat. Saat berjelan dengan mereka yang sesame jenis, hindari menggandeng tangan mereka. Karena bergandengan tangan dengan sesame jenis dianggap aib oleh budaya Saudi Arabia. Mungkin kenalan warga lokalmu akan kaget kalau sampai kamu menggandeng tangan mereka. Meski menurutmu itu hanya usaha untuk menunjukkan keakraban.
 

  1. Jangan balik marah saat dijawab dengan nada tinggi dan suara keras oleh warga lokal


Kamu mungkin punya kenalan yang berasal dari Medan yang khas dengan suara lantang dan tegasnya. Bagi yang belum terbiasa, mereka bisa dianggap sebagai orang yang galak dan suka marah-marah. Padahal itu hanya karakter mereka saja. Ternyata, warga lokal Saudi Arab Saudi juga seperti itu. Mereka memiliki gaya bicara dengan nada tinggi dan volume suara keras. Maka, saat berinteraksi, santai saja dan jangan anggap bahwa mereka sedang marah-marah.

Itulah beberapa hal yang jangan sampai kamu lakukan saat berinteraksi dengan orang Arab di Saudi Arabia. Selamat merasakan sensasi berinteraksi dengan warga lokal Saudi Arabia, semoga menyenangkan!

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *