Salsabila A a wanderer and a writer

HINDARI 4 HAL INI SAAT PUASA SYABAN

1 min read

HINDARI 4 HAL INI SAAT PUASA SYABAN

Selain di bulan Ramadhan, Syaban juga jadi bulan yang ramai diminati sama kaum muslimin buat umroh. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari seluruh negara muslim di dunia. Kenapa? Soalnya bulan Syaban adalah salah satu bulan haram dan memperbanyak ibadah di bulan tersebut akan banyak mendapatkan keberkahan, salah satunya adalah Nabi banyak melakukan puasa sunnah dibulan ini.

 

Bagi jamaah umroh yang ingin mencari keberkahan di bulan Syaban, bisa juga menjalankan ibadah puasa. Tetapi tentunya dalam menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan Syaban ini niatnya bukan untuk mencari pengalaman merasakan puasa di tanah suci, namun niatnya adalah semata mata hanya mencari keridhoan Allah Swt. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang mesti di perhatikan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Syaban ini sebab puasa kita akan sia sia dan tidak mendapatkan pahala apa-apa. 

 

  1. Jangan Berbohong

Berbohong yaitu menyampaikan informasi tidak berdasar fakta. Sekali kita berbohong, maka akan membuka ribuan kebohongan lainnya yang akan mendatangi kita. Oleh karena itu, pertahankan lisan kita saat kita menjalankan ibadah puasa Syaban dan selama kita beribadah Umroh. Tentu nggak hanya pas puasa saja, menahan lisan untuk berkata bohong juga wajib kita lakukan setiap hari. 

 

  1. Gosip

Gossip atau ghibah yaitu membicarakan kejelakan orang lain yang bisa menjatuhkan kehormatan dan kemuliaan orang lain. Umumnya di musim politik tanpa disadari kita masih aktif mengikuti perkembangan dunia politik di media sosial, kemudian setan dengan keahliannya menyeret kita untuk mengometari sebuah peristiwa yang kita sendiri tidak tau kebenarannya padahal kita sendiri sedang beribadah. oleh sebab itulah kenapa, sebaiknya saat kita berada di Tanah Suci cukup fokuskan diri kita hanya untuk Allah.

 

  1. Namimah

Namimah atau adu domba atau fitnah ini juga sampai masuk dalam ibadah puasa dan umroh yang sedang kita kerjakan di Tanah Suci. Sebab ini bisa menggugurkan pahala ibadah kita, ketahuilah bahwa tujuan kita berangkat ke Tanah Suci dan beribadah disana adalah mencari keridhoan Allah maka jangan kotori niat suci kita tersebut. 

 

  1. Pandangan dengan syahwat

Segala jenis manusia akan berada di Tanah Suci, maka jagalah pandangan kita dengan baik dan jangan memandang lawan jenis dengan syahwat.

 

Nah, itulah beberapa diantara hal hal yang bisa menggugurkan pahala ibadah puasa syaban saat di Tanah Suci. Maka jagalah niat dan tujuan kita dengan baik agar semua tidak menjadi sia sia.

 

 

Oleh: Firman Zamzami Lc

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *