Desi Wulandari Buruh teks serabutan

GUNUNG UHUD, SAKSI PERANG KAUM MUSLIM DAN KAFIR QURAISY

1 min read

GUNUNG UHUD, SAKSI PERANG KAUM MUSLIM DAN KAFIR QURAISY

Kota Madinah jadi pusat kekuatan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW. Ada banyak tempat-tempat yang mengingatkan kita pada sejarah panjang penyebaran agama Islam kala itu. Salah satunya yaitu Gunung Uhud, yang terletak di utara kota Madinah dengan ketinggian 350 mdpl dan membentang sepanjang tujuh kilometer dengan lebar hampir tiga kilometer.

 

Gunung Uhud jadi saksi ketika terjadinya perang antara kaum muslimin yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW melawan kaum kafir quraisy yang dipimpin oleh Khalid bin Walid. Sesuai dengan tempat terjadinya yang berada di sekitar Gunung Uhud, perang ini dinamakan Perang Uhud. Penyebab perang ini karena kaum kafir quraisy yang pengin balas dendam atas kekalahan mereka melawan kaum muslimin di perang sebelumnya, yaitu Perang Badar. Rencana kaum kafir yang pengin menyerang umat muslim di Madinah ternyata sudah diketahui oleh Nabi Muhammad SAW. Buat menghadapi penyerbuan tersebut, beliau memerintahkan pasukan kaum muslimin untuk bersiap menyambut pasukan kaum kafir quraisy di luar kota.

 

Sekitar 50 orang pasukan pemanah yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW  mengambil posisi di atas bukit dekat dari Gunung Uhud. Mereka berjaga-jaga di atas buat melakukan serangan ketika kaum kafir quraisy menyerbu, terutama kepada pasukan berkudanya. Sedangkan pasukan lainnya menunggu di celah bukit. Saat itu, jumlah pasukan kaum muslimin hanya berjumlah 700 orang, berbeda jauh dengan pasukan kaum kafir quraisy yang berjumlah sampai 3.000 orang. Meski dengan jumlah pasukan yang lebih sedikit, kaum muslimin hampir menang pada Perang Uhud.

 

Kekalahan kaum muslimin terjadi karena pasukan pemanah yang berjaga-jaga di atas bukit malah meninggalkan pos mereka dan tergoda dengan barang yang ditinggal lari pasukan kafir quraisy. Padahal, Nabi Muhammad SAW sudah memerintahkan pasukan pemanah supaya ngga meninggalkan pos mereka apapun yang terjadi. Pos jaga yang kosong tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh pengatur strategi dari kaum kafir quraisy, yaitu Khalid bin Walid buat menyerang balik kaum muslimin. Akibatnya, kaum muslimin ngga bisa menahan serangan dari pasukan kafir quraisy. Sebanyak 70 orang sahabat Nabi dinyatakan gugur sebagai syuhada’, termasuk paman Rasulullah yaitu Hamzah bin Abdul Mutthalib. Rasulullah sendiri terluka cukup parah saat itu.

 

Saat ini, komplek pemakaman tersebut terlihat sederhana dan cuma dilindungi pagar setinggi 1,75 meter. Area yang dibatasi jeruji membuat jemaah haji bisa melihat ke dalam komplek pemakaman. Keistimewaan dari Gunung Uhud yaitu menjadi salah satu bukit yang ada di surga. “Jika kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Bukit Uhud. Nabi Muhammad bersabda, ‘Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga’” (HR. Bukhari).

1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *