Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

GAGAL UMROH? MUNGKIN INI PENYEBABNYA

1 min read

GAGAL UMROH? MUNGKIN INI PENYEBABNYA

Gagalnya travel dalam memberangkatkan jamaahnya umroh adalah kesalahan fatal yang wajib ditebus mahal dan pastinya mempertaruhkan nama travel itu sendiri. Kejadian ini sering disebabkan karena adanya ketertutupan pihak travel akan permasalahan internal maupun eksternal dari pihak travel terhadap jamaah, serta kurangnya komunikasi antara travel dan jamaah. Gagalnya keberangkatan umroh juga biasanya terjadi kalau sebuah travel cuma sebatas ngasih janji manis tanpa ada kepastian. Nah, supaya calon jamaah umroh nggak tertipu, berikut faktor-faktor penyebab gagal umroh yang harus kita waspadai bersama.

 

1. Harga Terlalu Murah

Sudah kodratnya konsumen untuk mencari produk atau jasa dengan harga paling miring. Tapi, kalau harganya kelewat murah sampai nggak masuk di akal, kita patut waspada. Misalkan saja, apa mungkin paket umroh bisa didapat dengan biaya Rp12 juta saja? Padahal kalau dihitung-hitung, biaya transportasi Jakarta-Jeddah pulang pergi saja sudah memakan dana antara Rp12 juta hingga Rp13 juta. Ini belum termasuk pengeluaran lain-lain seperti akomodasi hotel, konsumsi, visa dan lain-lain, lho! Seringkali calon jamaah umroh mudah banget tertarik travel murah dan akhirnya berakhir terlunta-lunta karena nggak jadi berangkat. Ada baiknya kita cari tahu dulu berapa kisaran biaya umroh supaya punya gambaran pasti terkait dana yang dibutuhkan.

 

2. Terkendala Visa

Penyebab gagal umroh berikutnya yang cukup umum ditemui ialah terkendalanya visa. Visa yang nggak kunjung keluar sampai hari keberangkatan bakal membuat perjalanan ibadah tertunda atau bahkan gagal sama sekali. Seharusnya sih kita memang menyiapkan visa ini sejak jauh-jauh hari.

 

3. Sistem Multi Level Umroh

Dewasa ini banyak travel yang memakai sistem MLM untuk bisnis umrohnya. Sistem ini sebenarnya nggak direkomendasikan sama sekali karena merugikan calon jamaah di tingkatan paling bawah. Alasan lain kenapa sistem multi level umroh nggak recommended ialah karena hal ini berkaitan dengan nilai bisnis duniawi bukannya nilai ibadah.

 

4. Itinerary Pesawat

Travel yang baik seharusnya ngasih tahu apa saja yang terjadi saat akan memberangkatkan calon jamaah serta bisa memastikan keberangkatan secara benar. Calon jamaah saat akan dijanjikan berangkat umroh sebaiknya meminta itinerary pesawat ke pihak travel yang bersangkutan. Kalau sampai pihak travel nggak bisa ngasih itinerary pesawat ini, itu artinya mereka belum bisa memastikan keberangkatan kita. Bakal jadi masalah, nih!

 

5. Berkedok Investasi

Belakangan lagi tren perjalanan umroh yang disertai investasi. Walau kelihatannya menggiurkan, tapi travel umroh berkedok investasi ini bisa jadi salah satu penyebab gagal umroh buat para calon jamaahnya. Biasanya, calon jamaah bakal ditarik uang muka sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta dan dijanjikan akan berangkat pada tahun berikutnya. Setelah waktu yang ditentukan tiba, calon jamaah bukannya diberangkatkan tapi malah uangnya dibawa kabur! Persis First Travel, nih. Kita wajb ekstra hati-hati dalam memilih travel agent terutama menghindari mereka yang mengiming-imingi investasi di muka.

 

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *