Desi Wulandari Buruh teks serabutan

FAKTA MENARIK LAUT MERAH JADI KUNJUNGAN WAJIB KETIKA UMRAH

1 min read

FAKTA MENARIK LAUT MERAH JADI KUNJUNGAN WAJIB KETIKA UMRAH

Sewaktu kecil, sebelum tidur kita selalu diceritakan kisah para Nabi oleh orang tua. Salah satunya yaitu Nabi Musa, yang punya mukjizat bisa membelah lautan agar bisa lolos dari kejaran Raja Firaun dan bala tentaranya. Nah, muncul anggapan bahwa laut yang diseberangi Nabi Musa dulu itu adalah Laut Merah yang berada di sisi Timur kota Jeddah. Benar ngga sih, warna air Laut Merah sesuai dengan namanya? Kamu bisa membuktikannya ketika sedang dalam perjalanan ke Tanah Suci. Sesaat sebelum pesawat mendarat di Bandara King Abzul Aziz, Jeddah, pesawat yang kamu naiki bakal melintasi Laut Merah dan kamu bisa melihatnya melalui jendela pesawat.

 

Secara geografis, Laut Merah merupakan perairan dengan teluk yang berhubungan langsung dengan Laut Arab di sisi selatan. Di sepanjang perairan Laut Merah, wilayahnya terbagi menjadi beberapa bagian negara, antara lain Arab Saudi, Mesir, Sudan, Eritrea, dan Ethiopia atau yang biasa disebut Negara-negara Maghribi. Sedangkan di sisi utara, terdapat kanal dengan nama Suez yang menghubungkan Laut Merah dan Mediterania. Lebar lautan yang jadi pembatas wilayah benua Asia dan Afrika ini mencapai jarak 300 km, sedangkan panjang satu sisi pesisir Laut Merah mencapai jarak sekitar 1.900 km. Untuk kedalaman lautnya, titik terdalam Laut Merah mencapai angka 2.500 meter di bawah permukaan laut.

 

Kisah Nabi Musa yang mendapat mukjizat bisa membelah Laut Merah tersebut diperkirakan terjadi sekitar 3.500 tahun silam dan diceritakan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 50: “Dan (ingatlah), ketika Kami belah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya, sedang kamu sendiri menyaksikan”.

 

Kisah ini diperkuat dengan ditemukannya bangkai kereta kuda dan tulang belulang manusia di dasar Laut Merah yang diduga merupakan pasukan dan pengawal Firaun yang tenggelam. Selain itu, ada beberapa fakta yang bikin Laut Merah jadi kunjungan wajib. Berdasarkan penelitian ilmiah, lokasi penyeberangan Nabi Musa dan pengikutnya ini berada di wilayah Nuwaiba, Mesir.

 

Kedalaman maksimum di kawasan ini sekitar 800 meter ke arah Mesir dan 900 meter ke arah Arab. Sedangkan jarak Nuwaiba di sisi timur Laut Merah sampai semenanjung Arab di sisi barat sekitar 1.800 meter, sehingga diperkirakan lebar lintasan ketika Nabi Musa menyeberang mencapai 900 meter. Berdasarkan data tersebut, bisa kamu bayangkan berapa besar energi yang dibutuhkan buat membelah air laut menjadi dua bagian sampai ke dasar, dengan lebar lintasan mencapai 900 meter dan dengan jarak 1.800 meter. Apalagi, waktu yang dibutuhkan agar Laut Merah tetap terbelah cukup lama karena pengikut Nabi Musa yaitu Bani Israil yang menyeberang mencapai 600.000 orang.

5
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *