Salsabila A a wanderer and a writer

FAKTA MASJID QUBA, BERDIRI ATAS DASAR TAKWA

1 min read

FAKTA MASJID QUBA, BERDIRI ATAS DASAR TAKWA

Disebutkan dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, bahwa ia pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba lalu ia salat di dalamnya, maka baginya menerima pahala seperti pahala umrah.” (HR. Tirmizi No.298; Ibnu Majah No.1401).

 

Selain melakukan ibadah, pergi ke tanah suci juga bisa dibarengi dengan berziarah sekaligus datang ke tempat bersejarah. Salah satunya yaitu Masjid Quba di Madinah. Semua masjid baik yang ada di Mekah, Madinah, ataupun Palestina pasti punya sejarahnya masing-masing. Nah, alasan mengapa kamu harus datang ke tempat tersebut, yaitu agar bisa mengenang bagaimana semangat dan perjuangan saudara seiman dan orang-orang terdahulu dalam menyebarkan agama Islam. Termasuk Masjid Quba dengan nilai sejarah yang tinggi. Masjid Quba jadi masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Peletakkan batu pertama di tempat kiblatnya oleh Rasulullah ini juga jadi momentum awal adanya kebersamaan di Madinah.

 

Mulai dikerjakan pada 8 Rabiul Awal di sebelah tenggara kota Madinah, Masjid Quba dibangun dengan bahan yang sederhana. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Kerajaan Arab Saudi mulai melakukan renovasi sampai bisa menjadi sekarang ini. Memiliki 19 pintu, sudah kebayang dong bagaimana luasnya masjid ini. 19 pintu tersebut dibagi menjadi tiga pintu utama untuk tempat masuk jemaah dan 16 pintu samping. Dua pintu untuk masuk jemaah laki-laki dan satu pintu lain untuk jemaah perempuan. Di seberang ruang utama masjid pun masih ada ruangan yang biasanya dijadikan tempat belajar mengajar. Ditambah lagi adanya 4 menara menjulang tinggi dan bikin masjid terlihat kokoh.

 

Setelah pembangunan Masjid Quba selesai, Nabi Muhammad SAW menjadi imam salat selama 20 hari, setiap hari Sabtu, Senin, dan Kamis. Ketika Rasulullah wafat, para sahabat rutin menziarahi masjid ini dan ikut melakukan salat di sana (HR. Bukhari No. 1117, HR. Muslim No.2478). Kalau kamu ingin datang dan berziarah ke Masjid Quba, sebaiknya mengambil wudhu terlebih dahulu di hotel. Karena saking ramainya pengunjung yang datang ke sini dan bikin tempat wudhu jadi antre. Ada baiknya pula untuk datang lebih pagi agar kamu bisa melaksanakan salat Dhuha dan punya waktu lebih banyak untuk berdoa dan berdzikir dengan khusyuk agar dijabah Allah SWT. InsyaAllah.

 

Oleh: Desi Wulandari

 

image: http://www.aleqt.com

 

2
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *