Desi Wulandari Buruh teks serabutan

DAFTAR BARANG BAWAAN UMROH YANG WAJIB UNTUK KAMU SIAPKAN

1 min read

DAFTAR BARANG BAWAAN UMROH YANG WAJIB UNTUK KAMU SIAPKAN

Akhirnya kesempatan untuk berkunjung ke tanah para Nabi datang kepadamu. Meski bukan dalam bentuk ibadah haji, umroh tetap bisa jadi cara agar bisa menapakkan jejak kaki di Tanah Suci. Kira-kira, apa yang harus disiapkan sebelum jadwal keberangkatan tiba? Simak daftar barang bawaan umroh yang perlu dibawa berikut ini ya:

 

  1. Kain ihrom. Kain ini digunakan sebagai penutup tubuh selama melaksanakan ibadah umroh, karena kita ngga dibolehkan memakai pakaian yang memiliki jahitan. Cukup bawa satu pasang karena kain ini ngga dipakai setiap hari.
  2. Ikat pinggang kain ihrom atau tas pinggang. Ikat pinggang berfungsi agar kain ihrom yang digunakan terpasang kencang, sedangkan tas pinggang atau tas selempang biasanya diberikan oleh penyelenggara umroh.
  3. Baju koko untuk dipakai ketika pergi ke masjid dan kaus dalam warna putih untuk tidur di hotel. Kaus warna biasa pun ngga masalah, hanya saja kaus warna putih bisa sekalian digunakan untuk pakaian dasar.
  4. Celana biasa dan satu setel baju untuk pulang ke tanah air. Jenis dan modelnya bebas, asalkan sopan.
  5. Celana putih masuk sebagai daftar barang bawaan umroh yang harus dibawa. Jumlahnya yaitu sebanyak 3 buah. Bisa dibeli di toko perlengkapan haji.
  6. Kopiah atau peci berwarna putih.
  7. Perlengkapan mandi, seperti sabun, samphoo, sikat gigi, pasta gigi, sabun pencuci muka, disesuaikan dengan kebutuhanmu.
  8. Pakaian dalam, bawa secukupnya. Hitung estimasi perjalanan mulai dari berangkat sampai kembali ke Indonesia. Agar kamu ngga terlalu sedikit atau terlalu banyak membawa pakaian ke sana.
  9. Satu setel baju ala Maroko. Baju ini bisa dipadupadankan dengan celana putih. Bisa digunakan ketika pergi ke masjid dan salat berjamaah.
  10. Sandal jepit atau sandal kulit seperti sandal gunung masuk daftar barang bawaan umroh yang perlu dibawa karena selama umroh, diwajibkan jari-jari kaki dan tumit/mata kaki kelihatan. Selain itu juga lebih praktis untuk digunakan.
  11. Kacamata hitam untuk menghindari sengatan cahaya matahari.
  12. Gunting cukur ukuran kecil, digunakan untuk Tahallul.
  13. Obat-obatan, disesuaikan dengan kebutuhan.
  14. Alat salat, seperti mukena untuk perempuan. Juga Al-Quran.
  15. Install Labbaik Apps juga masuk sebagai salah satu daftar barang bawaan umroh yang wajib dimiliki jemaah. Melalui aplikasi Labbaik ini kamu bisa mencari informasi mengenai umroh.
6
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *