Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

CATAT! INI KEUTAMAAN MASUK KABAH YANG PERLU KAMU TAHU

1 min read

CATAT! INI KEUTAMAAN MASUK KABAH YANG PERLU KAMU TAHU

<meta charset="utf-8" />Ada banyak banget keutamaan masuk Kabah yang membuat semua umat Islam ingin diperkenankan masuk ke dalamnya. Masuk ke dalam Kabah juga termasuk itba’ alias mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tapi, masalahnya, masuk Kabah nggak semudah itu, Ferguso! Pihak kerajaan Saudi sebagai penyelenggara serta tuan rumah jamaah haji serta umroh nggak mengizinkan jamaah masuk. Alasannya sih karena keamanan.

 

Kalau dipikir-pikir lagi, emang benar sih alasan ini dipakai biar orang-orang nggak masuk ke dalam Kabah. Kalau seluruh jamaah haji diperbolehkan masuk ke dalamnya, dikhawatirkan akan jatuh korban jiwa. Takutnya nanti malah bisa mengotori Kabah itu sendiri. Jangankan masuk, lha wong mencium Hajar Aswad aja susahnya kebangetan, kok! Wajar kala pihak kerajaan hanya memperbolehkan kepala negara saja buat masuk ke dalam Kabah.

 

Trus, apa aja sih keutamaan masuk Kabah ini? Salah satunya ternyata adalah menghidupkan hati yang mati. Maksud mati di sini adalah mati dari melihat kebenaran serta nasihat. Bahkan, riwayat beberapa orang yang masuk ke dalamnya mengaku mendapat kebaikan begitu keluar dari dalam sana. Selain itu, dosa-dosanya di masa lalu akan diampuni. 

 

Ketika kita mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam Kabah, sudah sepantasnya kita mematuhi etika yang ditetapkan para ulama. Etika ini sendiri merujuk ke hadist-hadist yang menyebutkan bahwa saat memasuki Kabah haruslah menundukkan kepala ke arah tempat sujud. Ini sama persis seperti apa yang dilakukan Nabi tatkala memasuki Kabah. 

 

Selain itu, saat masuk ke dalam Kabah juga dianjurkan melepas alas kaki serta mandi sunnah terlebih dahulu. Dua hal itu dimaksudkan sebagai penghormatan akan rumah suci. Nggak berhenti sampai di situ, saat masuk Kabah juga hendaknya seseorang sibuk membaca bacaan takbir, tasbih, tahmid, tahlil dan istighfar serta doa-doa. Ini nggak lepas dari fakta bahwa Kabah adalah salah satu tempat di mana doa-doa kita akan diijabah atau dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. 

 

Memang, dewasa ini bisa dibilang nggak mungkin kita bisa masuk ke dalam Kabah. Tapi nggak perlu khawatir, karena menurut para ulama dan ahli sejarah, dengan memasuki Hijir Ismail saja sudah membuat kita mendapat keutamaan masuk Kabah. Pasalnya, Hijir Ismail itu juga adalah bagian dari Kabah. Mendirikan sholat sunnah dan berdzikir di Hijir Ismail akan mendapat pahala yang sama seperti apabila kita melakukannya di dalam Kabah. 
 

1
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *