Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

CATAT! INI DAFTAR BARANG YANG DILARANG MASUK PESAWAT

1 min read

CATAT! INI DAFTAR BARANG YANG DILARANG MASUK PESAWAT

Salah satu aturan saat naik pesawat terbang adalah terkait barang bawaan. Ada beberapa jenis barang yang dilarang untuk dibawa selama melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Daripada ditahan pihak keamanan bandara dan jadi tontonan banyak orang, kan malu-maluin. Belum lagi perjalanan akan tertunda gara-gara kita membawa barang yang dilarang masuk pesawat ini.

 

Supaya perjalanan umroh atau haji ke Arab Saudi semakin nyaman dan tanpa halangan, ini dia daftar lima barang yang sebaiknya ngga usah dibawa karena hanya akan mempersulit kita di bandara.

 

1. Senjata Tajam

 

Semua bentuk senjata tajam sudah sejak dulu dilarang untuk dibawa masuk pesawat. Termasuk dalam kategori ini adalah senjata api karena dikhawatirkan bisa membawa petaka ataupun kejadian yang ngga diinginkan. Sebagai pengecualian adalah senjata tajam atau senjata api yang dibawa untuk keperluan olahraga. Tapi, pengecualian ini juga harus mematuhi syarat serta ketentuan yang berlaku, ngga bisa seenaknya.

 

2. Alat Tumpul

 

Walau ngga termasuk benda tajam, alat-alat tumpul ini bakal tetap berbahaya kalau dibawa masuk kabin pesawat. Tongkat bilyar, pukulan bisbol maupun segala jenis pentungan hanya bisa masuk bagasi pesawat saat check in. Tapi, jangan harap alat-alat tumpul ini diperbolehkan masuk kabin.

 

3. Bahan Peledak

 

Sudah sejak dulu bahan peledak menjadi barang yang dilarang masuk pesawat. Alasannya jelas, bahan ini mudah meledak dan bisa membahayakan banyak orang di dalam pesawat.

 

4. Produk Dari Hewan

 

Susu, daging, keju dan produk hewani lainnya ngga boleh banget dibawa masuk pesawat. Bakteri pada daging bisa dengan mudah menginfeksi, jadi sebaiknya kita ngga perlu membawa ragam hasil ternak ini dalam kabin pesawat.

 

5. Cairan Lebih Dari 100ml

 

Larangan yang satu ini kayaknya sepele, tapi beneran ngga boleh, lho. Kita dilarang membawa cairan apapun yang jumlahnya lebih dari 100ml. Sebagai pengecualian adalah susu bayi, makanan bayi, makanan khusus penderita diabetes serta obat-obatan dalam bentuk cair. Selebihnya, cairan lebih dari 100ml bakal ditahan pihak keamanan bandara!

 

Itu dia daftar barang bawaan yang dilarang masuk pesawat. Mematuhi aturan yang ada bakal bikin perjalanan kita semakin nyaman dan aman sampai tujuan. Walau mungkin ada beberapa aturan yang terbilang konyol, tapi yakin deh, adanya aturan-aturan itu dimaksudkan untuk menjaga keamanan semua penumpang.

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *