Desi Wulandari Buruh teks serabutan

CARA MENGHINDARI SIFAT SOMBONG SAAT BERHAJI

1 min read

CARA MENGHINDARI SIFAT SOMBONG SAAT BERHAJI

Kamu tahu ngga apa dosa yang pertama kali muncul di alam ini? Jawabannya adalah sombong. Pasti kamu pernah mendengar cerita tentang malaikat yang paling taat akhirnya dikeluarkan dari surga Allah? Yap, malaikat tersebut adalah iblis yang dilaknat Allah karena sifat sombongnya. Ia menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam, manusia pertama yang diciptakan Allah. Iblis merasa unsur api yang menciptakannya lebih tinggi daripada unsur tanah yang menciptakan Nabi Adam.

Oleh karena itu Allah memperingatkan supaya kita jangan sampai punya sifat sombong seperti iblis. Namun ternyata sekalipun kita melaksanakan ibadah, sifat sombong tersebut bisa jadi muncul lho tanpa kamu sadari. Contoh kecilnya ketika kamu memberikan sedekah kepada orang lain. Karena sudah memberi dalam jumlah banyak, kamu merasa paling kaya raya dibandingkan dengan orang lain. Bahaya kan? Pahala sedekahmu malah hilang diganti dengan dosa dari sifat sombong. Nah, akhlak buruk ini ternyata juga bisa muncul di ibadah lainnya, yaitu sifat sombong saat berhaji.

Ibadah haji dan umroh selalu dianggap sebagai ibadahnya orang-orang yang memiliki rezeki sangat lebih dari cukup. Pernyataan ini ngga sepenuhnya salah dan ngga bisa dibenarkan juga. Kesempatan datang ke tanah suci melaksanakan ibadah haji bisa didapat oleh siapapun. Namun yang bisa melakukannya hanya mereka yang sudah merasa mampu, terutama dalam hal materi. Kalau kamu mendapatkan kesempatan itu, hati-hati dengan godaan iblis yang membuatmu jadi sombong. Lalu, bagaimana caranya supaya sifat sombong saat berhaji? Menyadari bahwa di tanah suci, semua orang adalah sama yaitu hamba Allah dan sesama saudara muslim bisa menghindari kita menyombongkan diri dan merasa lebih dari orang lain.

Syaikh Said Ramadhan Al Buthi, ulama dunia asal Damascus pernah berkata, “banyak umat Islam merasa dengan haji dan umrohnya bisa mendekatkan diri kepada Allah. Namun malah sebaliknya, ibadah haji dan umroh tersebut membuat mereka semakin jauh dari Allah karena masih memiliki sifat sombong dan tidak ada keikhlasan dalam ibadah mereka”. Nah, jangan sampai kamu memiliki sifat sombong saat haji sedikitpun karena ibadah hajimu akan jadi sia-sia. Niat yang benar-benar kuatlah yang membuat hati terhindar dari sifat sombong saat berhaji. Selalu mengingat dosa-dosa yang sudah dilakukan, niatkan untuk mencari ridho dan mengharap ampunan dari Allah untuk mengindari munculnya sifat tercela tersebut.

 


image: Pixabay

1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *