Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

BUDGET DAN CARA WAKAF AL-QURAN DI TANAH SUCI

1 min read

BUDGET DAN CARA WAKAF AL-QURAN DI TANAH SUCI

Siapa saja yang menjalankan ibadah ke Tanah Suci pasti ingin agar ibadahnya maksimal. Segala syarat dan rukun berusaha dipenuhi. Bahkan sunnah-sunnahnya pun kalau bisa dilaksanakan. Nah, ada lagi hal lain yang biasanya ingin dilakukan oleh jamaah yaitu wakaf, dan yang paling mudah dilakukan adalah wakaf Al-quran. Kamu pasti sudah sering dengar istilah ini kan? Biasanya sering ditemukan ada sebidang tanah yang dipasang tulisan “Tanah wakaf” atau ada juga mukena, Al-Quran atau barang lainnya di mushola yang juga ditulisi wakaf.

 

Walaupun wakaf artinya membelanjakan harta di jalan Allah, yang artinya belanjanya bisa berupa apa saja asal bermanfaat, tapi jamaah seringnya ingin wakaf Al-quran untuk diletakkan di masjid Nabawi atau Masjidil Haram. Ya, tentu saja boleh dan tetap akan menjadi amal sholeh insyaAllah. Bukannya amal sholeh akan terus mengalir walaupun kita telah meninggalkan dunia?

 

Bukan apa barangnya atau semahal apa. Yang terpenting adalah bagaimana keikhlasan kita dalam melakukannya demi mencari keridhoan Allah SWT. Selain itu, sumber dana yang digunakan untuk wakaf juga harus jelas dari harta yang halal. Sekarang, jika kamu mantap untuk wakaf Al-quran nanti di tanah suci, maka kamu perlu untuk mempersiapkannya mulai sekarang. Persiapkan danannya sebelum berangkat haji dan ketahui bagaimana cara untuk melakukan wakaf Al-quran di sana.

 

Untuk budgetnya, kamu bisa menyiapkan sekitar 100 Riyal. Jumlah tersebut adalah untuk membeli dua buah Al-quran dengan harga satunya 50 Riyal. Ya, harga Al-quran di sana diperkirakan sekitar 50 Riyal meski kaalau beruntung kamu juga bisa mendapatkan harga 20 Riyal. Nah, karena sebaiknya minimal mewakafkan 2 buah Al-quran, maka semuanya jadi 100 Riyal. Itu budget minimal. Kalau kamu ingin wakaf Al-quran dengan jumlah yang lebih banyak, maka kamu bisa menyiapkan dana lebih, karena jumlah Al-quran untuk wakaf tidak dibatasi.

 

Kalau sudah dapat Al-quran di tanah suci dari penjual buku sekitar yang mudah ditemukan, kamu bisa langsung membawanya menuju masjid. Letakkan saja di sudut ruangan masjid yang biasanya memang digunakan untuk meletakkan Al-quran wakaf. Biasanya, nanti kalau Al-quran di masjid sudah banyak, Al-quran itu akan dikirim ke masjid-masjid yang membutuhkan oleh kerajaan Arab Saudi. Bahkan dikirimnya ke masjid di seluruh dunia, tak sebatas Arab Saudi saja. Keren kan? 

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *