Salsabila A a wanderer and a writer

BOLEHKAH PAKAI SABUK UNTUK PAKAIAN IHRAM?

1 min read

BOLEHKAH PAKAI SABUK UNTUK PAKAIAN IHRAM?

Dalam berpakaian sehari-hari, mungkin sabuk adalah aksesoris fashion yang biasa digunakan. Tapi, gimana kalau menggunakan sabuk untuk pakaian ihram? Padahal pakaian ihram biasanya terdiri dari helaian kain saja, dan juga ada beberapa aturan dalam berihram, salah satunya yaitu tidak boleh memakai pakaian yang dijahit. Lalu apakah sabuk boleh digunakan?

 

Nah, untuk yang satu ini kamu bisa tenang karena ternyata kita boleh memakai sabuk saat menggunakan pakaian ihram. Mungkin kamu bertanya-tanya, bukankah sabuk seringkali ada jaitannya? Ya, memang. Tapi ternyata menurut pendapat para ulama, sabuk untuk pakaian ihram boleh digunakan. Bukan karena tidak ada jaitannya, melainkan ada pemahaman berbeda tentang aturan pakaian ihram.

 

Menurut pendapat para ulama yang membolehkan dipakainya sabuk saat menggunakan pakaian ihram, larangan tidak boleh memakai pakaian yang tidak dijahit itu bukan dimaksudkan sama sekali tidak ada jaitan. Tapi yang dimaksud adalah pakaian yang dijahit sesuai dengan bentuk anggota badan seperti bentuk-bentuk baju, celana, kaos, dan sebagainya. Jadi, kalau kamu memakai sarung atau sorban yang ditambal dengan cara dijahit pun boleh-boleh saja.

 

Perbedaan pemahaman dalam cara beribadah memang sering terjadi. Kalau kamu yang yakin untuk mengikuti pemahaman yang membolehkan pemakaian sabuk, bisa memasukkan sabuk ihram dalam list kebutuhan untuk berangkat haji. Selain adanya pendapat ulama yang membolehkannya, nyatanya sabuk untuk pakaian ihram sangatlah bermanfaat khususnya bagi jamaah laki-laki. Kenapa?

 

Kalau kamu pernah coba memakai pakaian ihram untuk laki-laki, pasti terbesit kekhawatiran kalau-kalau pakaian itu melorot dan menampakkan tubuh telajangmu kan? Itu karena pakaian untuk ihram adalah pakaian yang bentuknya di luar kebiasaan berpakaian kita sehari-hari. Hanya dua helai kain putih yang meliliti tubuh saja. Apalagi kamu juga tidak boleh memakai pakaian dalam karena pakaian dalam termasuk pakaian yang dijahit sesuai bentuk tubuh. Lalu, kalau membayangkan padatnya aktivitas yang akan dilakukan saat beribadah haji, yang artinya mobilitas tinggi dan tubuh dituntut bergerak terus tentu tambah ngeri. Cukup beresiko melorot di tengah kegiatan kan? Kalau sampai benar-benar melorot, aduh betapa malunya di tengah jamaah haji yang jumlahnya sangat banyak itu. Belum lagi mereka datang dari berbagai negara.

 

Nah, agar dalam menjalankan ibadah haji lebih nyaman dan aman dalam urusan pakaian, maka kamu bisa membeli dan memakai sabuk untuk pakaian ihram. Alhamdulillah, selain keberadaannya yang sangat membantu, sabuk ini juga dijual dengan harga murah. Hanya sekitar 35 ribu sampai 60 ribu saja. Sabuk ini terbuat dari bahan kain yang memang biasanya menjadi bahan sabuk pada umumnya. Kalau kamu pernah menggunakan sabuk berbahan kain, kira-kira seperti itulah bahannya. Jadi, bukan sabuk berbahan kulit atau bahan lainnya lho yaa.

 

Selain memiliki kegunaan untuk mengikat pakaian ihram di pinggang agar aman atau tidak melorot, sabuk ini juga biasanya dilengkapi dengan semacam kantong atau dompet. Adanya dompet yang menempel di sabuk untuk pakaian ihram membuat manfaatnya semakin terasa untuk para jamaah haji. Kamu bisa menggunakan kantong itu untuk menyimpan beberapa benda penting berukuran kecil. 

 

 

Oleh: Khaerunisah

image: https://nasional.sindonews.com

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *