Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

BERBURU MADU YAMAN YANG KAYA MANFAAT

1 min read

BERBURU MADU YAMAN YANG KAYA MANFAAT

Dari sekian banyak jenis makanan yang sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh haji, salah satunya adalah madu. Terutama buat kita yang memang gemar mengonsumsi herbal satu ini, ngga ada salahnya mencoba madu Yaman. Madu satu ini memang terkenal akan khasiatnya. Keistimewaannya juga ngga tertandingi madu-madu lainnya. Mumpung lagi ada di Mekkah, sekalian aja berburu madu berkhasiat tinggi ini.

 

Madu Yaman sendiri terbagi dalam tiga kategori yaitu Bughya, Sidir dan campuran dari keduanya. Dari tiga jenis madu ini, Bughya adalah yang kualitasnya paling tinggi dan termasuk salah satu jenis madu terbaik yang berasal dari pegunungan Hadramaut, Yaman. Konon, madu Bughya memiliki sifat pengobatan dan sudah aja dalam kurun waktu 7000 tahun. Madu ini dihasilkan dari lebah yang memakan pohon Sidr, pohon suci dalam agama Islam. Madu akan dipanen saat usianya mencapai 40 hari.

 

Reputasinya yang mendunia membuat para penjual madu hanya akan menawarkan produk ini pada jamaah OHN Plus yang nginepnya di hotel sekelas Hilton atau Sheraton. Harganya juga ngga bisa dibilang murah. Per liter harus ditebus dengan angka 250 hingga 400 dollar Amerika. Walau harganya selangit, nyatanya madu Yaman ngga sepi pembeli. Bahkan, madu jenis ini yang sering jadi incaran guide haji. Biasanya, madu yang udah dibeli para guide bakal dijual lagi ke jamaah asal Singapura dan Malaysia. Harganya sudah pasti bakal dimahalin lagi!

 

Saking populernya madu ini, banyak beredar produk tiruannya di pasaran. Jamaah haji Indonesia terutama harus hati-hati banget supaya ngga sampai tertipu. Banyak oknum yang dengan sengaja menjual madu Sidr namun mengatakan bahwa barang dagangannya adalah madu Bughya. Parahnya lagi, madu biasa pun ada yang diklaim sebagai madu Bughya ini! Duh!

 

Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan, kita bisa beli langsung madu yang asli dari pelajar Indonesia yang lagi belajar di Yaman. Banyak lho pelajar Indonesia di Yaman yang nyambi jadi penjual madu Bughya. Mereka biasanya punya identitas jelas dan tahu agen-agen madu Saudi yang ramai didatangi pembeli. Dijamin ori, sis!

 

Harga yang mehong ini tentu dibarengi kualitas, dong. Madu Yaman dipercaya bisa menambah stamina tubuh dan mengobati aneka macam penyakit. Orang Arab sendiri biasanya akan mencampur madu bersama dengan jintan hitam yang sudah dihaluskan. Mereka mengonsumsinya tiap pagi, siang dan sore untuk menambah stamina. Hmm, menarik dicoba, nih.

 

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *