Salsabila A a wanderer and a writer

BERBURU EMAS DI MEKAH DAN MADINAH

1 min read

BERBURU EMAS DI MEKAH DAN MADINAH

Ketika datang ke tanah suci dan belanja kurma, air zam-zam, atau gamis, itu mah udah biasa. Sekali-kali cobalah berburu emas di mekah dan Madinah. Ngga cuma emas dalam bentuk perhiasan, kamu juga bisa mencari emas dalam bentuk batang. Harga emas di Arab Saudi paling murah dijual dengan harga 120 Riyal Arab per gramnya. Kamu juga bisa mencari perhiasan seperti gelang, cincin, dan kalung. Ngga seperti di Indonesia, perhiasan seperti kalung di Arab punya desain yang luar biasa. Oleh karena itu harga yang dijual pun lebih mahal karena ngga diukur berdasarkan berat perhiasannya saja, tapi juga desainnya. Semakin bagus desainnya, semakin mahal harganya.

 

Misalnya saja sebuah gelang dengan desain yang sangat artistik, dengan berat 24 gram dan terbuat dari emas 21 karat bisa dijual dengan harga 4.250 Riyal Saudi atau sekitar Rp 13 Juta. Harganya hampir setara dengan setengah ongkos perjalanan haji, ya. Sedangkan untuk cincin emas, biasanya dijual dengan harga 400 sampai 450 Riyal Arab per dua gram ukuran 22 karat berbahan emas Dubai atau setara 24 karat Indonesia. Konon katanya, emas di Mekah dan Madinah adalah yang terbaik di dunia. Alasannya karena kualitasnya yang tinggi dan diberkati. Orang-orang yang sudah pernah membelinya bahkan mengatakan, “Ini adalah emas yang terberkati dari Mekah.”

 

Ada puluhan toko emas yang berjajar di luar area Kabah. Etalase dan rak yang dipajang dekat jendela dipenuhi dengan gelang, kalung, cincin, anting, bahkan sampai liontin dan rantai yang diukir dengan desain tradisional khas Timur Tengah dan India. Di Madinah juga ada toko emas dan perhiasan di sekitar Masjid Nabawi. Biasanya yang dijual di Madinah yaitu emas kualitas 21 karat dengan harga per gramnya 108 sampai 110 Riyal Saudi. Banyak penjual emas di Mekah dan Madinah fasih menggunakan bahasa Indonesia, jadi jangan khawatir kalau kamu mau membeli perhiasan di sana. Kamu bisa nawar harga juga lho, caranya ngga jauh beda lah sama nawar baju di Tanah Abang, jadi kamu ngga bakal mati gaya belanja emas di sana. 

 

 

 

Oleh: Desi Wulandari

image: https://www.syakirawisata.com

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *