Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

BENARKAH DEBU MADINAH BISA MENGOBATI SEGALA PENYAKIT?

1 min read

BENARKAH DEBU MADINAH BISA MENGOBATI SEGALA PENYAKIT?

Pernah dengar tentang keistimewaan debu madinah yang dipercaya bisa mengobati segala jenis penyakit? Di antara para calon jemaah haji, biasanya berita ini sering terdengar. Meski selama ini hanya tersebar dari mulut ke mulut, ternyata kalau ditelusuri lebih dalam, berita itu ada loh di dalam hadist. Rasulullah SAW dari Saad bin Abi Waqas RA juga bersabda, “Aku bersumpah demi Dia (Allah) yang di dalam tanganNya nyawaku, bahwa debu-debu Madinah adalah obat penyembuh bagi setiap jenis penyakit”.

 

Lalu seperti apa bunyi hadist yang menyebutkan tentang berita keistimewaan debu Madinah? Kalau hadistnya datang dari HR. Bukhari, berbunyi, “Dengan menyebut Nama Allah, (debu) tanah bumi ini dengan air ludah sebagian dia antara kami dapat menyembuhkan penyakit di antara kami dengan seizin Rabb kami”.

 

Kota Madinah memang kota istimewa. Kota ini sangat dicintai oleh Nabi. Atas kecintaannya pada kota ini, para Nabi tak henti-hentinya bermunajat kepada Allah SWT. Beliau memohon kepada Allah agar Madinah dan segala isinya menjadi berkah. Maka, Madinah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, salah satunya dengan adanya buah kurma ajwah. Udara di sana juga sangat sejuk meski Saudi terkenal dengan cuacanya yang ekstrim. Jadi, tak heran kalau seandainya debu Madinah juga penuh dengan keberkahan dan keistimewaan. Tentu, jika keistimewaan debu Madinah terbukti, semua itu adalah kuasa Allah SWT.

 

Imam Nawawi pun memaknai hadist tentang keistimewaan debu Madinah yaitu menggunakan debu Madinah dengan cara mengambil air ludah dengan jari telunjuk, kemudian menempelkannya ke tanah. Tanah yang menempel itu lalu diusapkan ke tempat yang sakit. Tentu dengan mengucap doa kepada Allah SWT. Sayangnya, meski berita ini sudah sangat terkenal, terutama di kalangan jamaah haji, namun kebenarannya belum dibuktikan secara ilmiah.

 

Sampai saat ini belum ada ilmuwan yang berusaha meneliti tentang debu madinah. Atau tentang seperti apa racikan debu Madinah yang bisa digunakan untuk pengobatan. Memang bukan hal yang tidak mungkin jika debu Madinah memiliki keistimewaan sedemikian rupa. Namun, sebaiknya kita tetap mengikuti petunjuk dari ahli. Kalau belum ada informasi tentang bagaimana cara menggunakan debu Madinah untuk pengobatan yang tepat, maka sebaiknya tahan dulu keinginan kita untuk menggunakannya.

 

Kalian para pemuda yang sangat ingin mengetahui tentang bagaimana debu Madinah menurut medis, mungkin bisa mulai mempelajarinya dari sekarang. Siapa tahu, justru kamu yang menjadi pembukti secara ilmiah tentang keistimewaan debu Madinah suatu saat nanti. Tidak ada yang tidak mungkin kan?

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *