Desi Wulandari Buruh teks serabutan

BEGINI GEJALA DAN PENCEGAHAN VIRUS MERS

1 min read

BEGINI GEJALA DAN PENCEGAHAN VIRUS MERS

Meskipun penularan virus mers ngga segampang flu biasa, tapi tetap saja ngga bisa dianggap sepele. Salah satu kasus yang membuktikan bahwa virus mers ini berasal dari unta yaitu meninggalnya seorang warga Arab Saudi yang punya sembilan unta. Ketika peneliti mencari tahu apa penyebabnya, ditemukan bahwa virus unta yang sakit dan virus yang membunuh pemilik unta memiliki susunan gen yang identik. Orang yang punya daya tahan tubuh yang lemah dan ngga menerapkan pencegahan penularan pastinya gampang tertular virus mers ini. Minimnya pengetahuan mengenai gejala dan pencegahan virus mers juga bisa jadi salah satu penyebab banyak orang termasuk jemaah haji yang tertular.

 

Tahap awal penyakit ini yaitu mirip dengan flu biasa sehingga agak susah untuk dideteksi. Dimulai dengan demam, nafas pendek, batuk-batuk, mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mual sampai muntah, sampai pneumonia. Virus mers yang sudah akut berpotensi bahkan sampai memicu gagal organ, terutama ginjal dan syok sepsis (zat racun virus masuk ke dalam peredaran darah ke seluruh tubuh yang memicu reaksi pembengkakan seluruh organ). Kalau sudah ada seseorang yang mengalami gejala tersebut, ia harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan darurat. Mengetahui gejala dan pencegahan virus mers bisa jadi cara pertama untuk mencegah virus ini semakin parah dan menyebar.

 

Berikut ada beberapa metode pencegahan virus mers yang bisa dilakukan:

 

  1. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Terutama sebelum makan atau menyentuh wajah.
  2. Membersihkan dan mensterilkan permukaan atau benda yang sering disentuh banyak orang sesering mungkin. Contohnya, pegangan pintu atau telepon.
  3. Menutup hidung maupun mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu dan langsung membuang tisu tersebut ke tempat sampah.
  4. Jangan memakai peralatan yang sudah digunakan pasien yang terkena virus ini, misalnya piring, sendok, gelas atau handuk.
  5. Menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, buah-buahan, ditambah suplemen tubuh atau vitamin.
1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *