Desi Wulandari Buruh teks serabutan

BEGINI CARA URUS VISA UMROH UNTUK BACKPACKER

1 min read

BEGINI CARA URUS VISA UMROH UNTUK BACKPACKER

Pernah membayangkan ngga sih, berangkat umroh dengan biaya murah sekaligus bisa jalan-jalan sendiri tanpa terikat dengan peraturan waktu dan kegiatan travel? Pastinya menyenangkan dong, ya. Nah, kamu bisa mewujudkan hal tersebut dengan cara urus visa umroh untuk backpacker. Visa adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi kalau kamu ingin pergi ke tanah suci buat umroh, karena visa merupakan izin masuk ke suatu negara. Biasanya, calon jemaah umroh akan menggunakan jasa agen travel untuk pembuatan visa sekaligus mengurus perjalanan selama di Arab Saudi. Namun sekarang sudah lumayan banyak jemaah yang melakukan ibadah umroh dengan cara backpacker alias tanpa jasa agen travel.

 

Visa umroh sendiri dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA) atau Konsulat Jenderal Arab Saudi di negara yang ngga memiliki kedutaan. Waktu yang tepat buat melakukan cara urus visa umroh secara backpacker yaitu ketika bulan Safar sampai Ramdhan dalam penanggalan tahun Hijriah karena ketika sudah masuk bulan Haji, semua pengajuan untuk visa umroh akan ditutup. Bahkan biasanya KBSA sudah menutup pengajuan visa umroh pada pertengahan bulan Ramadhan. Mereka bakal kembali melayani pengajuan visa tapi khusus hanya untuk visa haji saja. Jadi kalau kamu datang ke sana setelah bulan Ramadhan dan ingin mengajukan pembuatan visa umroh, sudah pasti ngga akan dilayani.

 

Sebelum mengajukan visa ke KBSA, setiap jemaah harus memiliki MOFA (Ministry of Foreign Affairs), yaitu voucher konfirmasi dari Kementerian Haji Arab Saudi buat calon jemaah umroh. Biasanya, proses dari mengajukan visa sampai dikeluarkan MOFA memakan waktu 1 sampai 2 hari kerja, sedangkan paling cepat itu hanya 6 jam. Oleh karena itu, kalau dilakukan mepet waktu keberangkatan, maka MOFA akan susah keluar.

 

Cara urus visa umroh bisa disiasati dengan menggunakan jasa agen kepengurusan visa. Calon jemaah harus memberikan dokumen persyaratan lengkap 1 sampai 2 bulan sebelumnya. Hal ini juga disebabkan karena mengurus visa di Arab Saudi berbeda dengan di negara lainnya. Kamu ngga bisa mengurus sendiri secara langsung datang ke KBSA, sehingga harus dibantu oleh agen kepengurusan visa. Entah karena ini kebijakan dari Kedutaan Besar Arab Saudi sendiri atau ada kerja sama dengan agen perjalanan di Indonesia. Pilihlah agen kepengurusan visa yang bisa membantu pengajuan visa untuk umroh backpackermu dengan cepat.

1
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *