Salsabila A a wanderer and a writer

BEGINI CARA SHOLAT SUNNAH SAFAR UNTUK JAMAAH UMROH

1 min read

BEGINI CARA  SHOLAT SUNNAH SAFAR UNTUK JAMAAH UMROH

Kalau kamu sekarang punya rencana untuk melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat, pasti kamu sudah mulai mencari tahu bagaimana pelaksanaan ibadah tersebut. Kamu akan menemukan beberapa kategori seperti wajib, rukun, juga sunnah. Nah, diantara sunnah-sunnah umroh, ada sholat sunnah safar. Sholat sunnah ini dilakukan untuk meminta keridhoan dari Allah dan agar perjalanan umroh yang kita lakukan diberi keselamatan oleh Allah.

 

Bagaimana sih pelaksanaan sholat sunnah ini? Sholat sunnah safar dilaksanakan sebelum berangkat umroh atau saat akan bepergian jauh. Hal itu sebagaimana yang ada dalam hadist Rasulullah SAW, yang bunyinya: “Tidak ada pengganti seorang hamba di rumahnya yang lebih disukai Allah daripada shalat empat rakaat di rumahnya tatkala selesai berpakaian untuk bepergian”. Jadi, lakukan sholat safar setelah berpakaian dan sebelum keluar dari rumah untuk pergi ke bandara.

 

Shalat sunnah safar juga tidak disunnatkan untuk dilakukan secara berjamaah, tapi lebih baik sendiri. Jumlah rakaatnya, bisa dilaksanakan dengan dua atau empat raka’at. Untuk ini, tidak ada ketentuan wajib. Kamu bisa memilih salah satunya mana yang kita mau dan mampu. Tapi perlu diketahui bahwa niat masing-masing jumlah raka’at berbeda. Untuk yang dua rakaat, niat yang dibacakan adalah:

 

"Ushalli sunnatas safar rak'ataini lillahi ta'aalaa." (Saya niat shalat sunnah safar dua raka'at karena Allah Ta'aalaa)

 

dan untuk empat rakaat adalah:

 

"Ushalli sunnatas safari arba'a raka'aatin lillahi ta'aalaa" (Saya niat shalat sunnah safar empat raka'at karena Allah Ta'aalaa)

 

Surat Al-quran yang disarankan untuk dibaca setelah surat Al-Fatihah adalah surat Al-Kafirun dan surat Al-Ikhlas. Surat Al-Kafirun dibaca pada raka’at pertama sedangkan Surat Al-Ikhlas dibaca pada raka’at kedua. Tapi, jika ingin membaca surat Al-quran selain dua surat tersebut juga ngga apa-apa kok karena kamu bisa membaca surat apapun dari Al-quran. 

 

Selesai sholat, lanjutkan dengan berdoa untuk meminta keamanan dan keselamatan dalam perjalanan menuju tanah suci. Juga jangan lupa meminta agar bisa kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan sehat. Yang ngga kalah penting adalah jangan lupa baca doa keluar rumah, yang bunyinya: 

 

“Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi walaa haula walaa quwwara illa billah” (Dengan Nama Allah, Saya bertawakal kepada Allah dan tidak ada daya upaya kecuali kekuatan Allah).

 

Itulah bagaimana pelaksanaan sholat sunnah safar yang dilakukan sebelum berangkat umroh. Oya, jangan lupa juga nih untuk membaca doa saat naik kendaraan, yaitu “Subhaanalladzi sakh-khara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniin” dengan diawali bacaan basmallah.

 

Setelah itu jika sudah sampai di tanah suci, ucapkanlah hamdalah. Dengan melaksanakan sholat sunnah safar dan membacakan berbagai doa lainnya, Insyaallah perjalanan umroh kita akan diberi keselamatan dan kelancaran oleh Allah SWT. Aamiin..

 

 

 

Oleh: Khaerunisah

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *