Desi Wulandari Buruh teks serabutan

BEGINI CARA MENANDAI KOPER AGAR TIDAK TERTUKAR

1 min read

BEGINI CARA MENANDAI KOPER AGAR TIDAK TERTUKAR

Memasuki musim keberangkatan haji, suasana bandara pasti ramai oleh jemaah yang sudah menanti untuk berangkat ke Tanah Suci. Bukan cuma sibuk dengan banyaknya jemaah, di bandara juga membludak barang bawaan mereka seperti koper dan tas. Satu hal yang ditakutkan kalau koper tersebut hilang atau tertukar. Nah, ada banyak cara menandai koper agar tidak tertukar yang bisa jemaah lakukan. Misalnya saja menuliskan identitas berupa nama, kontak yang bisa dihubungi dan foto pemilik koper. Namun cara ini terkadang masih kurang ampuh buat mencegah koper tertukar atau hilang. Karena bisa saja label identitas beserta foto pemilik yang sudah ditempel malah terlepas dari koper.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu menandai koper dengan menambahkan aneka aksesoris yang mencolok, supaya koper bisa dilihat dan lebih mudah dikenali dari jauh. Aksesoris yang bisa dipakai misalnya kain perca yang diikat, boneka kecil, atau bahkan bendera merah putih. Cara menandai koper agar tidak tertukar ini seakan sudah jadi tradisi oleh jemaah haji dari Indonesia. Karena kalau sampai hilang atau tertukar, akan jadi rumit urusannya. Selain merepotkan diri sendiri karena pasti kehilangan kebutuhan selama di tanah suci yang ada di dalamnya, juga merepotkan orang lain seperti penyelenggara umroh yang membantu mencari koper dan tentunya jemaah lain yang harus menunggu.

Karena meski terdengar sepele, masalah kehilangan koper atau tertukar dengan milik orang lain bakal berakibat fatal kalau sampai benar terjadi. Biasanya kalau berangkat bersama dengan rombongan KBIH atau Yayasan Haji, kepala rombongan sudah menyiapkan tanda khusus KBIH untuk barang bawaan para jemaah termasuk koper. Lain halnya jemaah haji yang ngga tergabung dengan rombongan penyelenggara haji. Jemaah ini harus menyiapkan tanda khusus yang berbeda dari jemaah lain, misalnya memakai benda unik atau khas yang jarang dimiliki oleh banyak orang. Cara menandai koper agar tidak tertukar ini memang bukan kewajiban pemerintah. Asal ngga terlalu berlebihan, memberikan tanda pada koper ini ngga dilarang.

Ada cara lain yang bisa dilakukan buat mencegah kehilangan atau tertukarnya koper, yaitu membawa barang bawaan sesimpel mungkin. Cukup satu koper dan satu tas jinjing saja. Kamu jadi ngga kerepotan mengawasi banyaknya tas dan koper yang dibawa satu persatu, juga mudah mengingat mana barang bawaan milikmu sendiri yang sudah ditandai.

5
Desi Wulandari
Desi Wulandari Buruh teks serabutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *