Maulida Larasati Put Allah first, and you'll never be last | a Pluviophile :)

BEGINI ALUR PENDAFTARAN HAJI YANG PERLU KAMU KETAHUI

1 min read

BEGINI ALUR PENDAFTARAN HAJI YANG PERLU KAMU KETAHUI

Sampai sekarang, masih banyak banget calon jamaah haji yang mempertanyakan ‘kapan ya kira-kira tanggal keberangkatan periode pendaftaran tahun ini?’ atau ada juga beberapa yang mengeluh seperti ‘lama banget sih berangkatnya’. Nah, sebelum kamu juga melakukan hal tersebut, ada baiknya kamu pahami dulu tentang alur pendaftaran haji yang sekarang ini sedang mengalami beberapa perubahan.

 

Ada banyak sekali perubahan atau renovasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Agama terkait alur pendaftaran haji. Salah satu motivasi perubahan tersebut tentu saja karena adanya kebijakan yang berubah dari Pemerintah Arab Saudi. Salah satu kebijakan yang terbaru adalah kuota jamaah haji di beberapa negara yang kembali dikurangi, dan Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam pemberian kebijakan tersebut.

 

Berkurangnya jumlah kuota tentu saja akan merubah antrian keberangkatan jamaah haji Indonesia, namun agar kamu bisa mengetahui estimasi waktu yang akan dikeluarkan setelah melakukan pendaftaran, ada baiknya kamu paham dengan alur registrasi terbaru agar meminimalisir human error dan kamu lebih tenang dalam mempersiapkan keberangkatan haji kamu. Berikut ini adalah alur pendaftaran secara resmi dari Kementerian Agama untuk para calon jamaah haji Indonesia:

 

  • Kamu harus membuka rekening bank sesuai dengan bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah,
  • Setelah kamu mendapatkan buku rekening dan surat keterangan, kamu harus mendatangi Departemen Agama domisili masing-masing, dan mengisi form serta surat kelengkapan yang dibutuhkan, di antaranya KTP, foto close up sesuai dengan ketentuan yang diberikan, rekening yang telah kamu buka, serta beberapa form lain yang telah disediakan. 
  • Setelah seluruh form telah kamu isi, kamu harus memberikan persetujuan tersebut ke bank dan mulai melakukan transfer ke rekening Kementerian Agama untuk selanjutnya diproses oleh pemerintah. Biasanya, disini lah kamu akan mendapatkan nomor antrian dan dapat melakukan verifikasi secara online.
  • Apabila seluruh langkah telah dilakukan, kamu harus menyerahkan bukti transfer, pendaftaran online, dan tentunya fotokopi KTP ke Depag. 
  • Setelah kamu menyerahkan persyaratan akhir di Depag, kamu akan mendapatkan nomor porsi yang nantinya akan membantu kamu dalam mengakses akun online. Kamu akan mendapatkan tanggal atau waktu keberangkatan dalam sistem online tersebut.

 

Tidak dipungkiri, kamu memang harus memahami serta bolak-balik dari satu tempat dan tempat yang lain. Namun alur pendaftaran haji  di atas tentunya dibuat untuk membantu keamanan dan kenyamanan untuk setiap jamaah yang ingin mendaftar dan mendapatkan kejelasan tentang waktu keberangkatan haji.

2
Maulida Larasati
Maulida Larasati Put Allah first, and you'll never be last | a Pluviophile :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *