sabila ainur a wanderer and a writer

BANDARA KING ABDUL AZIZ JADI BANDARA TERBURUK

1 min read

BANDARA KING ABDUL AZIZ JADI BANDARA TERBURUK

Meskipun selalu ramai sama pengunjung dari berbagai negara yang mau umroh atau haji, nyatanya ngga bikin bandara Jeddah punya fasilitas yang oke. Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah yang jadi salah satu tempat mendarat para jamaah yang mau umroh atau haji ini bahkan pernah di klaim sebagai salah satu bandara terburuk di dunia lho!

 

Kok bisa? Ditetapkannya Bandara King Abdul Aziz sebagai bandara terburuk sendiri merupakan hasil penilaian para responden yang pernah merasakan langsung singgah di bandara tersebut. Mereka kemudian memberikan testimoni dan vote melalui situs mereka. Nah, meskipun punya rating yang kurang bagus nih, tapi rupanya belum banyak perbaikan fasilitas yang ditemui di bandara Jeddah ini.

 

Penilaian terhadap bandara King Abdul Aziz didasarkan pada beberapa kriteria, antara lain kebersihan, kepadatan, pelayanan, kelengkapan fasilitas, dan keramahan petugas bandara.Dalam penilaian tersebut, sebagian besar responden menilai Bandara King Abdul Aziz sangat tidak nyaman.

 

Bandara ini dianggap terlalu penuh sesak, banyak orang yang merokok di area 'dilarang merokok', toiletnya kotor, serta antrean imigrasi yang nyaris selalu panjang dan memakan waktu lama sampe bikin kaki kesemutan buat nunggu. Petugas imigrasi nya pun terkesan santai melayani antrian yang begitu panjang.

 

Barangkali karena itulah bandara yang sering dipakai sebagai pintu menuju tanah suci oleh jamaah haji dan umroh umat Islam seluruh dunia ini dianggap sebagai salah satu bandara yang terburuk di Timur Tengah, bahkan di dunia. Yang pasti, bandara Soekarno Hatta punya kita dapat penilaian yang jauh lebih tinggi dibandingkan King Abdul Aziz. Bangga dong? Harus. 

 

 

Oleh: Firman Zamzami LC

Editor: Salsabila Ainurrohman 

1
sabila ainur
sabila ainur a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *