Responsive image
0
0
0

PERSIAPAN ‘DZOHIR’ SEBELUM BERHAJI

Persiapan dzohir dan bathin sangat diperlukan oleh setiap calon jamaah Haji, kalau persiapan bathin bertujuan untuk membentuk mental dan jiwa yang bersih maka persiapan dzohir ini tujuannya agar jamaah tidak mendapatkan kesulitan selama di tanah suci yang berakibat bisa mengganggu kekhusyuan ibadah mereka. Oleh sebab itu, ada beberapa persiapan dzohir yang harus disiapkan oleh calon jamaah Haji menjelang keberangkatan yang tinggal menghitung hari ini adalah :

 

  1. Bertobat dari segala dosa dan maksiat, baik dosa kepada Allah SWT, yaitu pelanggaran dari segala larangan-Nya dan keengganan melaksanakan perintah-Nya, maupun dosa kepada sesama manusia.

 

  1. Meminta izin orang tua atau yang dituakan. Sebab ridho Allah itu tergantung dari ridho orang tua, dengan meminta ridho dan doa mudah mudahan perjalanan menuju Tanah Suci mendapatkan keberkahan dan keselamatan dari Allah.

 

  1. Membayar segala utang, mengembalikan harta yang diperoleh dengan cara zhalim (korupsi) dan aniaya (merampas hak orang lain). Sebab orang yang akan melaksanakan ibadah Haji bertujuan untuk mensucikan diri di hadapan Allah oleh sebab itu bentuk kesalahan kepada manusia dalam materi juga harus dibersihkan.

 

  1. Dana yang digunakan benar-benar halal dan bersih. Sebab dalam Islam dengan jelas menegaskan bahwa tidak akan diterima ibadah dengan menggunakan harta haram.

 

  1. Menyiapkan nafkah yang cukup bagi keluarga yang ditinggalkan. Karena syarat Haji adalah mampu bukan hanya ongkos perjalanan tapi mampu memberikan nafkah kepada yang ditinggalkan.

 

  1. Banyak bersedekah kepada dhuafa, fakir, dan miskin. Dalam hadist banyak menjelaskan bahwa sedekah itu bisa mencegah berbagai macam bala.

 

  1. Carilah kawan seperjalanan yang saleh, yang baik, senang menolong, sering mengingatkan jika lupa, suka menegur jika ada kesalahan, memotivasi kepada keteguhan dan kesabaran.

 

  1. Sebelum berangkat, berpamitan kepada teman, tetangga dan saudara lainnya yang berdekatan. Meminta restu mereka, dan mendoakan kebaikan untuk mereka.

Artikel Rekomendasi